Bupati Jarot Resmikan Kantor Desa Telaga Dua Binjai Hulu

Bupati Sintang, Jarot Winarno saat meresmikan Kantor Desa Telaga Dua, Kecamatan Binjai Hulu
Bupati Sintang, Jarot Winarno saat meresmikan Kantor Desa Telaga Dua, Kecamatan Binjai Hulu (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan kantor Desa Telaga Dua, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, Selasa (4/12/18) siang.

Hadir dalam peresmian tersebut unsur forkopimcam Binjai Hulu, perwakilan unsur DPMPD Kabupaten Sintang, unsur aparatur Desa Telaga Dua, masyarakat Desa Telaga Dua dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Jarot menyampaikan harapannya dengan peresmian Kantor Desa Telaga Dua ini harus dibarengi dengan kinerja yang optimal, kinerja yang lancar dan baik sehingga itulah menjadi cerminan sebuah Kantor Desa yang nyaman, yang asri dan bisa melayani masyarakat dalam berbagai bidang pelayanan di desa.

“Dengan kantor yang cukup megah ini yang paling penting adalah kualitas pelayanan kepada masyarakat di tingkatkan, memang dengan kantor yang baik kualitas akan meningkat, tapi proses pelayanan itu harus lebih ditingkatkan lagi,” pintanya.

Selain itu orang nomor satu di Bumi Senentang ini juga meningatkan kepada aparatur Desa Telaga Dua terkait penggunaan dana desa, dimana dana desa tersebut harus digunakan sebagai fungsi pemerintahan desa, untuk pembangunan di desa dan untuk pemberdayaan masyarakat desa.

“Jadi diharapkan kedepannya nanti isi dari dana desa itu, APBDes itu harus lebih banyak kepada kegiatan pemberdayaan masyarakat, kalau untuk pembangunan fisik jika memang urgen sekali masih boleh,” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Jarot mengingatkan kembali empat pesan Presiden yakni setiap Desa harus menentukan produk unggulan desa, mendirikan BUMDes, membuat embung desa dan membangun sarana olahraga desa (Sorga). Sebab, kata dia, saat ini masih banyak Desa-desa di Kabupaten Sintang yang belum memenuhi empat pesan presiden tersebut.

“Telaga Dua ini berpotensi untuk menjadi desa yang unggul di segala bidang, sehingga itu harus dioptimalkan oleh aparatur desa dan masyarakat yang nantinya bisa menjadi potensi desa salah satunya dalam bidang produk unggulan desa,” ungkapnya.

Sementara untuk Infrastruktur jalan, lanjut Bupati, memang menjadi kendala masyarakat di manapun di Kabupaten Sintang ini termasuk di wilayah Binjai Hulu dan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memahami hal tersebut, sehingga untuk saat ini alat UPJJ lebih sering di daearah Binjai Hulu ini seperti Mensiap, Telaga Satu dan Telaga Dua.

“Untuk jalan poros mudah-mudahan kelanjutan nanti pengaspalan 7,5 kilometer kita lanjutkan sampai simpang Julian sehingga kedepannya nanti tidak ada lagi keluhan masalah jalan sehingga ekonomi biaya tinggi bisa kita kurangi, bahkan ekonomi masyarakat bisa meningkat termasuk di Binjai Hulu ini,” tegasnya.

Sementara Kepala Desa Telaga Dua, Akhmad Zaini mengungkapkan sumber anggaran pembangunan Kantor Desa Telaga Dua ini dari Alokasi Dana Desa tahun anggaran 2017 dan 2018 dengan jumlah total anggaran pembangunan Rp450 juta.

“2017 itu kita bangun teras, kemudian dilanjutkan pembangunan kantornya 2018, saya selaku Kepala Desa menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati atas rekomendasinya dan dukungannya terhadap pembangunan kantor desa ini, karena seyogyanya ADD memang tidak boleh untuk membuat kantor desa mulai tahun 2018, tapi bisa karena rekomendasi dari Pak Bupati sehingga tidak ada masalah,” ungkap Zaini. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar