Rusman Ali Minta Bappeda dan Kominfo Kubu Raya Tindaklanjuti Program Satu Data

Satu Data Dalam Smart City Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendukung sepenuhnya program Satu Data Kalimantan Barat. Hal itu disampaikan oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali usai menandatanganani komitmen bersama satu data dalam Kick Off Satu Data Kalimantan Barat yang berlangsung di Hotel Ibis Pontianak, Senin (3/12/2018).

Menurut Rusman Ali, terintegrasi dalam satu data sangat penting, terutama dalam mendukung program-program pembangunan.

Rusman Ali menegaskan dirinya telah lama merancang dan mendambakan Satu Data di Kabupaten Kubu Raya. Dijelaskan Rusman Ali, sejak dirinya dilantik menjadi Bupati Kubu Raya, ia telah merasakan bagaimana susahnya menyusun program-program pembangunan akibat dari tidak terintegrasinya data-data yang dimiliki oleh masing-masing OPD.

Akan tetapi, dalam perjalan ada beberapa faktor pendukung yang harus disediakan. Diantaranya SDM yang memadai dan yang paham akan hal tersebut.

“Kita ambil salah satu contoh, pembangunan jalan poros, terkadang  data jalan poros yang ada di PUPR tidak sama dengan yang ada di Bappeda misalnya. Harusnya kan jadi satu data, misalnya panjang jalan poros kita berapa, ada di berapa titik dan kecamatan, yang rusak berapa kilometer, yang kondisi rusak sedang berapa kilometer dan yang sudah terbangun berapa kilometer. Ini harusnya menjadi satu data yang terintegrasi. Sehingga percepatan pembangunan dapat dilakukan dan perencanaan juga akan lebih matang,” tukas Rusman Ali.

Rusman Ali mengharapkan melalui program Satu Data ini kedepannya akan semakin memberikan kemudahan bagi pemerintah daerah untuk melakukan perencanaan-perencanaan dan pelaksanaan program-program yang tepat sasaran.

Rusman Ali juga mengatakan dengan terintegrasi dalam satu data, tidak akan terjadi perbedaan data antar satu OPD dengan OPD lainnya. Akan tetapi, lanjut Rusman Ali, untuk melakukan hal tersebut perlu komitmen yang kuat dari masing-masing OPD, pemerintah desa hingga pengurus RT dan RW. Terutama bila terkait dengan data penduduk hingga penduduk miskin.

“Itu sebabnya kita mulai dengan program Smart City Kubu Raya, ini salah satu bentuk usaha kita untuk membangun sistem dan data yang terintegrasi. Dimana melalui Smart City Kubu Raya, disamping masyarakat dapat mengakses informasi dengan mudah, juga sekaligus semua informasi akan terintegrasi langsung ke OPD yang bersangkutan. Sehingga tindakan dapat diambil dengan segera,” terang Rusman Ali.

Rusman Ali meminta kepada Bappeda Kubu Raya dan Kominfo Kubu Raya untuk segera menindaklanjuti program Satu Data dan mulai merancang tindakan nyata untuk menyajikan Kubu Raya dalam satu data.“Agar program-program pemerintah juga akan lebih maksimal sampai ke masyarakat,” pungkasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar