Satgas Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Batu Mahal Antimoni

KalbarOnline, Kapuas Hulu, Kubu Raya – Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 320/Badak Putih dan Kepolisian berhasil menggagalkan penyelundupan 4,5 ton batu antimoni asal Kapuas Hulu yang akan dibawa ke Malaysia melalui jalan tikus di Desa Sebindang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, baru ini.

Satgas Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Batu Mahal Antimoni 1

“Saat tim gabungan melaksanakan patroli, mereka menemukan kendaraan dump truk yang akan melaksanakan bongkar muat barang di jalan tikus Desa Sebindang, setelah dilakukan pengecekan diketahui kendaraan tersebut mengangkut batu antimoni,” ungkap Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe.

Diketahui lanjut Kapendam, sopir dump truk tersebut yakni Rinda Yudi (24) yang merupakan warga Dusun Sukadana, RT 002 Desa Pinang Luar Kecamatan Kubu, Kubu Raya.

Baca Juga :  Nasdem Kalbar Beri Pembekalan Caleg Jelang Pemilu

Berdasarkan keterangan dari sopir diketahui, batu Antimoni seberat 4,5 ton yang dimuatnya tersebut berasal dari Desa Riam Mangelai, Kecamatan Boyan Tanjung, Kabupaten Kapuas Hulu.

“Batu tersebut diketahui milik dari Gunawan Hadi Brata. Diakui juga oleh Saudara Rinda Yudi bahwa dirinya sedang menunggu kendaraan dari arah Malaysia untuk melakukan bongkar muat, yang selanjutnya barang tersebut akan diselundupkan ke negara tetangga Malaysia,” terang Kapendam.

Baca Juga :  Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Kapuas Hulu Akan Turunkan Ratusan PPDP

Kapendam menambahkan tim gabungan mengamankan barang bukti di Pos Mentari Satgas Yonif 320/BP dan selanjutnya diserahkan kepada pihak Bea Cukai, supir Truk Rinda Rudi saat ini masih dalam penanganan Bea Cukai. “Harga batu Antimoni di pasaran bebas sebesar US$ 50/Kg sehingga diperkirakan kerugian negara sebesar US$225.000 dari kasus ini. Batu Antimoni, digunakan sebagai bahan untuk membuat senjata ringan dan Tracer Bullets (peluru penjejak), detektor inframerah, dioda dan peralatan Hall-effect. Batu Antimoni juga dapat meningkatkan kekerasan dan kekuatan timbal. Digunakan dalam pembuatan Baterai, logam anti friksi, pembungkus kabel dan produk-produk minor lainnya,” papar Kapendam. (ian)

Comment