Categories: Sintang

Pemkab Sintang Terima Kunker Pemda Cirebon: Tindaklanjut Kerjasama Rotan

KalbarOnline, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Hendri Harahap, S.Sos., MM menyambut kunjungan kerja pejabat Pemerintah Kabupaten Cirebon di Kabupaten Sintang. Penyambutan dilaksanakan di Pendopo rumah jabatan Bupati Sintang, Selasa (27/11/2018).

“Selamat datang kami ucapkan kepada para rombongan yang telah tiba dengan selamat di Sintang,” kata Henri mengawali sambutannya siang itu.

Pada kesempatan ini, Henri memaparkan mengenai kawasan-kawasan Sintang yang memiliki berbagai potensi salah satunya rotan. Seperti diketahui kunjungan Pemkab Cirebon di Kabupaten Sintang ini dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Bupati Sintang, Jarot Winarno beberapa waktu lalu di Cirebon dalam rangka mengeksplor olahan rotan oleh daerah yang dijuluki dengan Kota Wali itu.

Henri juga menyebutkan bahwa kerjasama ini akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertahan bekerja di rumah mereka, memperkecil proses urbanisasi di Sintang.

“Kami harapkan kerjasama ini akan berjalan dengan baik, sehingga masyarakat kami dapat menikmati hasil hutan dengan lebih baik. Semoga kemitraan ini dapat berjalan dengan lancar dan saling menguntungkan bagi Sintang dan juga bagi Cirebon,” tukasnya.

Sejumlah pebisnis rotan dari Kabupaten Cirebon dan dari Kabupaten Sintang pun bertemu dalam pertemuan tersebut. Beberapa contoh olahan rotan setengah jadi pun dipertukarkan.

Deni Agustine, SE selaku pejabat perwakilan Plh. Bupati Cirebon mengungkapkan rasa senangnya bisa datang ke Sintang. Menurutnya, Sintang merupakan mitra strategis bagi Cirebon dalam hal industri rotan.

“Kami berterima kasih atas kunjungan Bapak Bupati Sintang beberapa waktu lalu ke tempat kami. Kami juga berterima kasih karna kami bisa diterima baik di sini, Bapak Bupati Sintang pagi tadi juga menyempatkan diri menemui kami di Bandara Supadio Pontianak sebelum kami terbang kemari,” ujar Deni.

“Rotan telah menjadikan Cirebon terkenal hingga ke manca negara. Kami berharap melalui kerjasama ini, Sintang juga akan ikut tersohor sebagai penghasil rotan dari Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Kabupaten Sintang, A. Biong, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Veronika Ancili dan Kadis Perindagkop dan UMKM, Sudirman. Serta sejumlah perwakilan dari OPD di lingkungan Pemda Sintang. (*/Sg)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Danau Empangau: Permata Tersembunyi di Bunut Hilir

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Danau Empangau, yang terletak di Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu,…

9 hours ago

Mengabadikan Keindahan Alam di Bukit Penjamur: Destinasi Sunrise dan Sunset Terbaik di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kalimantan - Bukit Penjamur, sebuah spot menakjubkan untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam,…

9 hours ago

Bejat! Delapan Pria di Suhaid Setubuhi Gadis 15 Tahun Secara Bergiliran

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Delapan pria di Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melakukan…

9 hours ago

Kasus Perdagangan 109 Kilogram Sisik Trenggiling Mulai Sidang

KalbarOnline, Mempawah - Pengadilan Negeri Mempawah menggelar sidang perdana perkara perdagangan sisik trenggiling sebanyak 109,54…

9 hours ago

Bapaslon Muda-Suyanto Mundur dari Jalur Perseorangan

KalbarOnline, Pontianak - Bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2024,…

10 hours ago

Wabup Wahyudi Minta Dinas Terkait Proaktif Wujudkan Kapuas Hulu Layak Anak

KalbarOnline, Putussibau - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka secara resmi rapat koordinasi kabupaten…

12 hours ago