Pemkab Sintang Sebut Pentingnya Peran Badan SAR

Rakor SAR Daerah

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mewakili Bupati Sintang membuka rapat koordinasi SAR daerah sekaligus melakukan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dengan Badan SAR Nasional yang berlangsung di Ballroom Hotel My Home Sintang, Rabu (29/11/2018).

Dalam sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Sekda Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan bahwa kehadiran tim SAR merupakan salah satu kekuatan nasional dalam mengemban amanah untuk mencari dan menolong jiwa manusia.

“Jadi Basarnas ini dapat menyelamatkan jiwa manusia, kemudian menghadapi bahaya seperti musibah-musibah becana, tentunya badan SAR menjadi peranan penting dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penolong kemanusiaan,” kata Yosepha.

Ia menegaskan forum rapat koordinasi Badan SAR ini sangat penting dilaksanakan untuk dapat menghimpun ide pemikiran dan gagasan.

“Forum ini sebagai ruang dimana persoalan dan isu yang dihadapi badan SAR diidentifikasi, dibahas dan ditemukan kebijakan aplikatifnya secara bersama oleh pihak-pihak yang berkepentingan baik itu output dari forum ini serta akan terbangunnya komitmen untuk mencapai sinergisitas,” tuturnya.

Baca Juga :  Wabup Sintang Dorong Umat Swadaya Bangun Rumah Ibadah

Yosepha berharap kepada seluruh pemangku kepentingan yang terlibat didalam upaya pencegahan dan penyelamatan bencana di Kabupaten Sintang untuk dapat bekerja dengan baik.

“Saya harap melalui kegiatan rapat koordinasi ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam menyelenggarakan urusan pencarian dan pertolongan korban bencana di Kabupaten Sintang,” harapnya.

Selain itu juga Sekda Sintang meminta kepada pihak tim Basarnas Sintang untuk melakukan koordinasi bersama para aparat Kecamatan dan Desa melaksanakan pemetaan terkait potensi bencana alam.

“Untuk kecamatan-kecamatan yang masuk dalam kategori rawan bencana alam sebaiknya badan SAR dapat melakukan koordinasi dan penguatan pada masyarakat untuk menghadapi segala bencana alam yang mungkin dapat terjadi secara tiba-tiba,” pinta Sekda.

Baca Juga :  Resmi Ditetapkan Sebagai Paslon di Pilwako Pontianak, Ini Kata Edi Kamtono

Sementara Direktur Operasi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Heri Marantika mengatakan bahwa kegiatan rapat koordinasi SAR daerah ini dilaksanakan dalam upaya untuk saling bersinergi antara pemangku kepentingan yang ada didalam pelaksanaan pertolongan kemanusiaan.

“Kegiatan pencarian dan pertolongan kemanusiaan merupakan tugas nasional dalam keadaan darurat yang masuk dalam bencana dan kondisi yang membahayakan, maka dari itu kita perlu adanya sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka mempercepat pelaksanaan operasi SAR di daerah,” kata Heri Marantika dalam sambutannya.

Selain itu, Heri Marantika juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sintang atas terlaksananya Rapat Koordinasi SAR daerah ini.

“Saya juga apresiasi kepada peserta yang hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi ini, karena mengingat Sintang merupakan magnet jiwa kemanusiaan yang tinggi, bayangkan disini saja sudah berkumpul pemangku kepentingan dari 5 Kabupaten diwilayah timur Kalimantan Barat, tentu ini mempermudah kita untuk saling komunikasi dan koordinasi dalam hal misi kemanusiaan,” ungkapnya. (*/Sg)

Comment