Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Resmi Dibuka, Ini Pesan Pangdam XII/Tanjungpura

KalbarOnline, Singkawang – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi yang diwakili oleh Komandan Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XII/Tpr, Kolonel Inf Martin Susilo M. Turnip, S.H memimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat Gelombang II Tahap I tahun anggaran 2018 yang berlangsung di lapangan Alianyang Rindam XII/Tpr, Jalan Pasir Panjang, Singkawang, Senin (26/11/2018).

Pendidikan Dikmata TNI AD kali ini diikuti sebanyak 335 orang peserta.

Pangdam XII/Tpr, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Martin Susilo M. Turnip, S.H., mengatakan pelaksanaan Pendidikan Dikmata TNI AD gelombang II tahap I merupakan proses awal pembentukan bagi Prajurit Siswa yang telah terpilih dan dinyatakan lulus seleksi baik secara  administrasi, jasmani, kesehatan, akademik, maupun dari segi kejiwaan.

Baca Juga :  Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab Resmi Jabat Pangdam XII/Tanjungpura

“Terpilihnya kalian sebagai calon prajurit TNI AD, merupakan suatu kehormatan, tidak semua peserta yang melaksanakan seleksi mendapatkan kesempatan yang sama, hendaknya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kalian dan keluarga,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr juga mengatakan, tujuan dilaksanakannya pendidikan tersebut adalah, untuk membentuk Prajurit Siswa menjadi Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan tamtama serta memiliki jasmani yang samapta.

Baca Juga :  Bina Satuan Jajaran, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto Kunjungi Kodim 1203 Ketapang

Sehingga pada saat selesai pendidikan, prajurit tamtama dapat memiliki integritas kepribadian sebagai Tamtama TNI AD yang profesional dan dapat memberikan pengabdian terbaik bagi negara dan bangsa.

“Kalian juga dituntut untuk mampu melakukan perubahan dalam cara berpikir, bersikap dan bertingkah laku yang semula dari masyarakat biasa menjadi seorang Prajurit TNI AD,  Untuk  itu, laksanakan pendidikan ini dengan sungguh-sungguh,” tegas Pangdam XII/Tpr.

Diakhir amanatnya Pangdam XII/Tpr berpesan kepada seluruh peserta pendidikan untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar dan berlatih guna mendapatkan ilmu dasar sebagai Tamtama TNI AD, juga selalu mengikuti petunjuk dan bimbingan para pelatih.

“Ikuti pendidikan ini dengan penuh kesadaran, ketekunan dan kesungguhan serta disiplin yang tinggi, hingga akhirnya kalian dapat menyelesaikan pendidikan ini dengan baik,” pungkas Pangdam XII/Tpr mengakhiri. (*/ian)

Comment