Belum Teraliri Listrik, Tiang PLN di Kecamatan Hulu Sungai ‘Roboh’

Diduga dipasang asal-asalan

KalbarOnline, Ketapang – Sebuah tiang listrik tumbang di Desa Benua Krio, Kecamatan Hulu Sungai, Kabupaten Ketapang. Beruntung, tiang tersebut baru saja di pasang dan belum dialiri jaringan listrik sehingga tidak ada dampak pemadaman. Tumbangnya tiang listrik milik PLN tersebut menuai kecaman dari warga sekitar.

Pasalnya berakibat pada akses jalan yang menjadi jalur transportasi warga tertutupi oleh pohon yang ikut tumbang karena tertimpa tiang listrik sehingga tak bisa dilalui.

Satu diantara warga Kecamatan Hulu Sungai, Alfonsius mengaku berada dilokasi kejadian tumbangnya tiang listrik milik PLN tersebut. Menurutnya dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir sudah ada dua tiang listrik yang secara tiba-tiba tumbang. Sehingga warga menilai pemasangan tiang listrik tersebut dilakukan dengan asal-asalan.

Baca Juga :  Jadi Target Polisi, Seorang Pria Paruh Baya di Ketapang Diamankan Bersama Sabu Seberat 6.86 Gram

“Beruntung tak ada masyarakat yang melintas ketika tiang listrik tersebut tumbang beberapa hari lalu (Rabu-red). Sepekan sebelumnya tiang listrik di Dusun Sepanggang, Desa Benua Krio yang juga tumbang,” ujarnya, Minggu (25/11/2018).

Ia mengaku, menjadi khawatir ketika harus melintasi jalan yang terdapat tiang listrik PLN. Karena takut menjadi korban tertimpa tiang listrik jika tumbang secara tiba-tiba.

“Penyebab pastinya, tidak tahu apa. Yang jelas kalau dilihat pondasi pemasangan tiang tidak sesuai standar atau asal pasang saja,” ucapnya.

Meskipun kejadian tumbangnya tiang listrik ink tidak menelan korban jiwa. Namun, karena seringnya terjadi tiang listrik PLN yang tumbang sehingga berdampak pada tertutupnya akses jalan. Warga pun berharap agar PLN selanjutnya tidak asal-asalan dalam melakukan pemasangan tiang listrik yang masih belum terpasang.

Baca Juga :  Desak Pemkab Ketapang Segera Bayarkan Bonus Atlet, Isa Anshari : Memalukan!

“Kami khawatir menjadi korban tumbangnya tiang listrik. Kasiani kami, listrik di tempat kami sampai sekarang belum menyala tapi tiang-tiangnya sudah pada roboh duluan,” katanya.

Sementara itu, Asisten Manager Pelayanan dan Administrasi PLN Area Ketapang, Tumbur Manulu membenarkan peristiwa tumbangnya beberapa tiang listrik diwilayah Kecamatan Hulu Sungai.

“Iya ada beberapa tiang beton yang tumbang. Penyebabnya karena cuaca yang mengakibatkan pohon tumbang kemudian menimpa jaringan listrik,” katanya.

Menurutnya, saat ini tiang-tiang yang tumbang tersebut sudah dalam proses penormalan dan bahkan beberapa tiang sudah kembali didirikan oleh teknisi di lapangan. (Adi LC)

Comment