Sekda Kubu Raya Imbau Kepsek Harus Mampu Inovasi Digital

KalbarOnline, Kubu Raya – Teknologi informasi dan komunikasi melahirkan revolusi industri 4.0, revolusi ini ditandai penggunaan internet yang luas pada semua aspek kehidupan yang dikenal dengan istilah internet things.

Digitalisasi juga merambah dunia industri yang menciptakan ekonomi digital. Hal ini diungkapkan penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Odang Prasetyo saat membuka Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka HUT ke-73 PGRI dan Peringatan Hari Guru Nasional Kabupaten Kubu Raya di Sungai Raya.

“Karena itu Indonesia sebagai bagian dari penduduk dunia harus mampu menyesuaikan diri bahkan menyambut tantangan baru ini dengan mengambil peran yang signifikan dalam ekonomi dunia,” kata Odang saat membuka kegiatan, Kamis (22/11/2018).

Baca Juga :  Bobol Rumah, DN Babak Belur Dihakimi Massa

Menurut Odang, semua pihak terkait harus ikut andil menjadikan Indonesia sebagai sepuluh besar ekonomi dunia pada tahun 2030 mendatang. Ia menerangkan saat ini pemerintah telah menyiapkan peta jalan industri 4.0 guna meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global.

Karena itu, dirinya meminta insan pendidikan dapat melihat fenomena tersebut sebagai tantangan baru dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia agar dapat bersaing. Dunia pendidikan, menurut dia, harus berupaya maksimal khususnya sekolah sebagai unit pelaksana teknis yang langsung memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik.

Baca Juga :  PDI Perjuangan Usulkan Sujiwo Maju Pilkada Kubu Raya 2024

“Kepala sekolah sebagai pimpinan sekaligus manajer di sekolah harus mampu berinovasi yang dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di institusinya masing-masing,” ujar Odang.

Odang menyatakan peran Kepala sekolah sangat penting dalam pelayanan pendidikan berkualitas kepada peserta didik. Dengan pengelolaan sumber daya sekolah yang efektif di bawah kepemimpinan yang kuat, sekolah akan dapat berkembang mengikuti zaman.

Juga memiliki lulusan yang punya kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mumpuni. Karena itu, Odang mengimbau para pelaku dan pemangku kepentingan pendidikan untuk bekerja dan bersinergi membangun dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Kubu Raya. (ian)

Comment