MKKS Sekadau Gelar Bimtek Pembuatan USBN SMA: Evaluasi Hadapi Ujian Nasional

60
Ketua MKKS Sekadau, Agus Supriyanto memberikan sambutannya pada bimtek pembuatan soal USBN tingkat SMA se-Kabupaten Sekadau
Ketua MKKS Sekadau, Agus Supriyanto memberikan sambutannya pada bimtek pembuatan soal USBN tingkat SMA se-Kabupaten Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Sekadau menggelar bimbingan teknis pembuatan soal USBN tingkat SMA se-Kabupaten Sekadau tahun ajaran 2018/2019 yang berlangsung di SMU Karya Sekadau, Jalan Merdeka Timur, Sekadau Hilir, Sabtu (24/11/18).

Ketua MKKS Kabupaten Sekadau, Agus Supriyanto, M. Pd yang sekaligus membuka acara Bimtek ini menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap tahun.

“Diakhir proses pelajaran kita harus melakukan evaluasi dalam mempersiapkan dan menghadapi ujian nasional,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan penyusunan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Termasuk juga untuk persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masing-masing sekolah.

Peserta, kata dia, dari Guru sekolah SMA baik negeri maupun swasta yang sudah ditunjuk berdasarkan pertemuan MKKS.

“Sebenarnya ini adalah tugas MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) tapi karna MGMP Kabupaten Sekadau belum berjalan sehingga diambil alih oleh MKKS,” kata Agus.

Ia berharap melalui kegiatan ini menjadi langkah awal untuk menjadikan pendidikan di Kabupaten Sekadau betul-betul berkualitas demikian halnya dengan terwujudnya siswa-siswa yang berkualitas.

Sementara Kepala sekolah SMU Karya Sekadau, Drs. Sumardi selaku tuan rumah menuturkan dengan adanya Bimtek ini pihaknya berharap ujian nasional bukan asal-asalan dan mengambil standar yang diberikan oleh pemerintah. Sehingga, mutu pendidikan tidak hanya didominasi oleh daerah maju.

“Pembuatan soal melalui MKKS ini seragam, satu sekolah dengan sekolah lain itu sama. 75 persen dari MKKS, 25 persen dari pusat,” ujarnya.

Dikatakan Sumardi, kualitas itu paling utama minimal sekolah bisa mempertahankan hasil tahun lalu. (Mus)

Tinggalkan Komentar

Loading...