BULOG Ketapang Pastikan Masyarakat Mudah Dapatkan Produk Pangan Terjangkau

KalbarOnline, Ketapang – Guna semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, serta lebih mengenalkan produk pangan yang ada di Perum BULOG, belum lama ini Perum BULOG Subdivre Ketapang ikut serta dalam even tahunan Ketapang Expo 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang dan diikuti oleh peserta baik dari instansi pemerintah, perusahaan serta masyarakat dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang.

Kegiatan yang diselenggarakan sejak 2-8 November 2018 itu berlangsung di komplek Pendopo Bupati Ketapang.

Selain itu, BULOG Subdivre Ketapang juga turut berpatisipasi dalam Gebyar Kreasi Pemuda Indonesia yang diselenggarakan oleh Polres Ketapang di City Mall Ketapang. Event yang diselenggarakan  tersebut, berhasil menjadi magnet hiburan bagi warga Ketapang.

“Tentunya momen tersebut digunakan sebaik mungkin oleh Perum BULOG untuk lebih memasyarakatkan produk pangan BULOG,” ujar Kepala BULOG Subdivre Ketapang, Jusri Pakke didampingi Bagian Pelayan Publik BULOG Ketapang, Kusmayadi.

Produk pangan BULOG yang didisplay dan dijual oleh perum BULOG dalam even tersebut dengan brand KITA, seperti beras KITA jenis premium dan medium, gula manis KITA, minyak goreng KITA, tepung terigu KITA dan daging beku KITA.

Baca Juga :  137 Peserta Berlaga di Kejuaraan Menyumpit Dandim Cup 2019

Dalam even tersebut juga, Perum BULOG Subdivre Ketapang menyediakan produk pangan dengan harga yang terjangkau yaitu beras KITA premium kemasan 5Kg dengan harga Rp55.000, kemasan 10Kg dibandrol Rp105.000.

Kemudian gula manis KITA kemasan 1Kg di harga Rp11.500, tepung terigu KITA kemasan 1Kg Rp8.000, minyak goreng KITA kemasan 1 liter Rp12.500 dan daging beku KITA kemasan 1Kg Rp75.000.

“Kita sediakan juga beras medium dengan kualitas baik dengan harga Rp93.000. Untuk kemasan 10Kg dan Rp47.000 dalam kemasan 5 Kg,” tukas Jusri.

Usai even itu, Jusri meminta masyarakat Ketapang tak khawatir untuk mendapatkan produk pangan dari BULOG tersebut. Karena, lanjut dia, produk pangan tersebut di hari hari biasa tetap tersedia di mitra-mitra BULOG yang tersebar di tengah-tengah permukiman masyarakat.

“Seperti mitra Rumah Pangan Kita (RPK), Toko Pangan Kita (TPK) dan di BUMDes yang sudah berkerjasama dengan BULOG,” ungkapnya.

Baca Juga :  Warga Keluhkan Traffic Light di Perempatan Polres Ketapang Tak Berfungsi

Khusus menghadapi hari besar keagamaan dan pergantian tahun, lanjut Jusri, masyarakat Ketapang dan Kayong Utara tak perlu khawatir terhadap kebutuhan pangan khususnya beras, karena, kata dia, stok beras di gudang BULOG Ketapang saat ini masih tergolong lebih dari cukup.

“Melalui penugasan Pemerintah dalam kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium, BULOG Ketapang siap kapan saja untuk menggelontorkan beras medium yang ada di gudang BULOG Ketapang,” tegasnya.

Saat ini, kata Jusri, di gudang BULOG Ketapang tersedia lebih dari 1000 ton beras dan dalam waktu beberapa hari kedepan akan mendapat tambahan beras dari Pontianak ke gudang bulog sebanyak 1.100 ton.

“Jadi diperkirakan hingga menjelang akhir tahun stok beras di gudang BULOG Ketapang tersedia lebih dari 2000 ton sehingga cukup untuk kebutuhan hingga bulan Juni 2019. Harga beras dalam KPSH tersebut yaitu Rp8.600/Kg dalam kemasan curah 50Kg dan Rp9.050/Kg dalam kemasan 10 Kg. Saat ini pun kegiatan KPSH beras Medium sudah berlangsung baik melalui Satgas Operasi Pasar BULOG maupun juga melalui Mitra RPK, TPK maupun Mitra dan BUMDes serta BUMN lainnya,” pungkasnya. (*/Adi LC)

Comment