Bupati Jarot Resmikan PAUD Assalam Desa Merarai Satu

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Assalam di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Senin (19/11/2018).

Peresmian gedung PAUD Assalam tersebut ditandai dengan pemukulan gong serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Sintang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang.

Dalam arahannya, Bupati Jarot mengatakan bahwa PAUD ini merupakan salah satu pendidikan yang menjadi perhatian khusus.

“PAUD sekarang utamanya bukan dipersiapkan untuk menuju ke pendidikan sekolah dasar, tetapi PAUD ini menjadi perhatian karena PAUD adalah pendidikan yang sangat diperlukan oleh anak-anak untuk mendapatkan enam pelajaran dasar,” kata Bupati Jarot.

Enam pelajaran dasar tersebut, sambung Jarot dalam arahannya anak-anak dilatih dengan pendidikan yang baik.

“Jadi ada enam bidang dasar yang harus anak-anak pelajari di PAUD, pertama pendidikan moral agama, kedua fisik mereka, ketiga motorik mereka, kemudian kognitifnya, keempat psikoemosional mereka dan keenam adalah kesenian mereka itu semua kita pelajari di PAUD,” tukasnya.

Baca Juga :  Buka Rapat Evaluasi Program Kiat Guru, Ini Pesan Sekda Yosepha

Bupati juga mengapresiasi pemerintah desa beserta masyarakat atas berdirinya PAUD Assalam di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian ini.

“Sungguh bagus pembangunan gedung PAUD ini dibangun dengan cara gotong royong, ini tanah merupakan tanah hibah, kemudian gurunya ada yang sukarela mengajar, kemudian dari pemerintahan desa menyisihkan anggaran untuk pembangunan PAUD ini dan pemerintah pusat juga demikian,” tuturnya.

Bupati menuturkan pembangunan gedung PAUD Assalam dengan cara gotong royong adalah wujud nyata menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Sintang membangun Sintang dengan tekad persatuan dan kesatuan.

“Semuanya gotong royong, saling membantu, sehingga bangunan gedung ini dapat berdiri, kalaulah hidup kita ini rukun, saling gotong royong, maka kita akan bersatu dan bersatu itulah akan membuat Kabupaten Sintang kita tercinta semakin kuat berdiri kokoh,” tukasnya lagi.

Baca Juga :  Buka Sosialisasi Rencana Aksi Pangan dan Gizi, Bupati Jarot Paparkan Ini

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Imam Mustajab menjelaskan progres pelaksanaan pembangunan PAUD Assalam.

“Perjalanan panjang untuk membuat gedung baru PAUD Assalam ini, perlu diketahui bahwa PAUD ini berdiri sejak 2010 dari tahun tersebut, PAUD Assalam menumpang pendidikan di Masjid yang berjarak sekitar 500 meter dari sini, kemudian 2016 kami dibantu oleh pemerintah desa, wali murid melalui iuran dan beberapa bantuan lainnya, akhirnya pembangunan gedung selesai pada tahun 2018 dengan total dana 178 juta yang dibantu lagi dengan tenaga tukang sukarela dari masyarakat Desa Merarai Satu,” jelasnya.

Imam menjelaskan bahwa gedung PAUD yang baru ini terdapat tiga ruang lokal diantaranya satu ruang untuk dewan guru atau kantor dan dua ruang untuk kelas belajar mengajar.

“Tentu ini merupakan kebahagiaan kami sendiri karena anak-anak kami disini sudah ada gedung PAUD tersendiri,” pungkasnya. (*/Sg)

Comment