Masalah Penumpukan Sampah, Dinas PUPR Kerahkan Alat Berat

KalbarOnline, Kubu Raya – Akibat dibiarkan beberapa hari sejumlah titik Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kecamatan Sungai Raya mengalami penumpakan dengan volume besar sehingga meluber hingga ke badan jalan.

Hal tersebut tidak berangsur lama, berdasarkan pantauan sampah di titik TPS di Jalan Sungai Raya Dalam telah berhasil diangkut oleh petugas kebersihan dengan menggunakan alat berat, Kamis (15/11/2018) siang.

Ditemui di TPS Adi Sucipto, Anwar (40) salah seorang petugas kebersihan menjelaskan pekerjaan membersihkan sampah di TPS-TPS dilakukan secara bertahap seperti di Jalan Adi Sucipto, serta Sungai Ambawang. Dilakukan secara bertahap kata dia mengingat jumlah sampah sudah sangat banyak jumlahnya.

Baca Juga :  Wabup Hermanus Harap IPDKR Peran Aktif Dalam Pembangunan Daerah

Sementara Kabid Kebersihan, Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kubu Raya, Rendra Juarsyah mengatakan terganggunya jam operasional pengangkutan sampah di sejumlah TPS disebabkan anggaran untuk tahun 2017 telah limit namun pihaknya mengajukan pada anggaran perubahan di tahun 2018.

Baca Juga :  8 Lapak Pedagang di Kuala Dua Hangus Terbakar

“Setelah diajukan ternyata menjadi nol rupiah ini yang menyebabkan operasional angkutan sampah menjadi terganggu,” ucapnya saat dihubungi KalbarOnline.

Namun sambung Rendra, masalah tersebut telah teratasi saat ini alat berat (backhoe loader) telah dipersiapkan untuk mengangkut sampah-sampah tersebut, pekerjaan pengangkutan sampah juga dilakukan secara bertahap.

“Tadi malam sampah di TPS Jalan Sungai raya Dalam telah selesai, siang ini dilanjutkan di sepanjang Jalan Adi Sucipto, kemungkinan besok di Jalan Sungai Ambawang,” jelasnya. (ian)

Comment