Bupati Rusman Ali Kukuhkan Pengcab Tarung Derajat

KalbarOnline, Kubu Raya – Di era modern saat ini, olahraga menjadi tolok ukur dan barometer kemajuan peradaban sebuah bangsa atau negara. Hal itu dikatakan Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat menghadiri pengukuhan dan pelantikan Pengurus Cabang Olahraga Tarung Derajat Kabupaten Kubu Raya.

“Bangsa Indonesia pun jika ingin diperhitungkan dalam percaturan dunia, maka salah satunya melalui olahraga. Untuk itu, membudayakan dan memasyarakatkan olahraga sejak dini di lingkungan keluarga, pelajar, dan masyarakat menjadi suatu hal yang penting,” pesan Rusman dalam sambutannya, di Gedung Teddy Kustari Lanud Supadio, Kubu Raya, baru-baru ini.

Rusman Ali mengungkapkan di Kabupaten Kubu Raya, perkembangan cabang olahraga Tarung Derajat terbilang pesat. Karena itu, eksistensi Tarung Derajat harus didukung penuh sehingga cabang tersebut kian memasyarakat dan mendapat tempat di hati kaum muda. Termasuk dalam konteks penjaringan bibit atlet potensial untuk olahraga prestasi.

Baca Juga :  Pertamina Komit Salurkan BBM Bersubsidi Untuk Para Nelayan

“Semakin banyak yang ikut berlatih, tentu peluang untuk mendapatkan bibit atlet yang berkualitas semakin mudah,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, kata Rusman Ali, berharap semua pengurus cabang olahraga termasuk Tarung Derajat dapat terus meningkatkan kuantitas dan kualitas atlet. Sehingga pada gilirannya dapat berdampak pada upaya pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Kubu Raya.

“Kepada pengurus cabang olahraga Tarung derajat Kabupaten Kubu Raya yang telah dilantik dan dikukuhkan, kami ucapkan selamat. Semoga Allah Taala selalu meridhai sehingga kepengurusan dapat memberikan kontribusi terbaik khususnya kepada para atlet,” tuturnya.

Lebih jauh Rusman Ali mengingatkan pentingnya aktivitas olahraga dalam kehidupan. Menurut dia, di tengah fenomena penyalahgunaan dan peredaran narkotika serta obat-obatan terlarang lainnya saat ini, olahraga dapat tampil menjadi salah satu penangkal.

Baca Juga :  Pemkab Kubu Raya Bakal Datangkan GeNose untuk Tangani Covid

“Diharapkan olahraga dapat menjadi sarana untuk membangun karakter bangsa yang mulia dan bermartabat serta memiliki integritas yang tinggi,” ucapnya.

Terkait keinginan untuk menjadikan olahraga sebagai budaya hidup, Rusman Ali menyebut pentingnya menggaungkan kembali moto “Gerakan Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat” yang sempat populer di era Orde Baru pada tiga puluhan tahun silam.

“Gerakan ini sangat penting untuk terus digelorakan kembali. Apalagi di kalangan pelajar sehingga olahraga menjadi budaya dan sekaligus dapat mendeteksi dini minat di bidang olahraga,” pungkasnya.

Kepengurusan Cabang Tarung Derajat Kabupaten Kubu Raya dipimpin Suprapto. Turut menghadiri pelantikan Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Bambang Ganefo Putra, Ketua Umum Kodrat Provinsi Kalimantan Barat Sujiwo, Ketua KONI Kabupaten Kubu Raya M. Yakub, dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Cicilia Tri Agustina. (ian)

Comment