Pemkab Sekadau Prioritaskan Tujuh Program ini di 2019

Sekda sampaikan Nota Pengantar RAPBD tahun anggaran 2019

KalbarOnline, Sekadau – Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Drs. H. Zakaria, M.Si menyampaikan Nota pengantar RAPBD tahun anggaran 2019 pada rapat paripurna di gedung DPRD Sekadau, Rabu (14/11/2018).

Dalam sambutan tertulis Bupati Sekadau yang dibacakan oleh Sekda Zakaria mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sekadau pada RAPBD tahun anggaran 2019 mengalokasikan sedikitnya tujuh program prioritas.

Ketujuh Program tersebut antara lain, pertama pembangunan atau rehabilitasi jalan dan jembatan. Program ini mencakup pembangunan infrastruktur pedesaan, penyediaan prasarana dan saranan air minum.

Baca Juga :  Lagi, Kecelakaan Maut di Sekadau-Sintang, Satu Meninggal

Kedua, lanjut Zakaria bidang pendidikan. Bidang ini mencakup penambahan ruang kelas, sanitasi, peningkatan mutu kependidikan dan lain-lain.

“Program selanjutnya bidang kesehatan yang meliputi anggaran untuk pelayanan kesehatan untuk penduduk miskin di Puskesmas, biaya operasional dan pemiliharaan kesehatan, rehabilitasi Puskesmas dan lain-lain,” ujar Zakaria.

Keempat, pemerintah juga akan menyasar pembangunan sarana dan prasarana pariwisata. Hal ini dianggap penting, agar pariwisata di Kabupaten Sekadau memiliki nilai jual tinggi dan bisa menjadi salah satu item pendapatan daerah.

Baca Juga :  Dewan Jawab Pandangan Umum Bupati Sekadau Soal Tiga Raperda Inisiatif

Kelima, sambung Zakaria, pemerintah daerah juga akan konsisten mengalokasikan anggaran untuk pemerintah desa melalui dana desa sebesar 10 persen dari dana perimbangan. Pemerintah juga konsisten untuk mendukung pengembangan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan.

Program selanjutnya adalah kewajiban pemerintah untuk mengalokasikan anggaran untuk Pilkades serentak. Termasuk didalamnya pembangunan sarana dan prasarana desa, seperti gedung kantor desa.

Program ketujuh adalah dukungan anggaran kepada ketertiban umum oleh instansi vertikal yang ada di Kabupaten Sekadau.

“Semua program ini kita rencanakan demi menunjang kemajuan Kabupaten Sekadau menjadi kabupaten yang maju, mandiri dan berdaya saing,” tandas Sekda. (Mus)

Comment