Di Ambalau, Bupati Jarot Resmikan Puskesmas Nanga Kemangai

KalbarOnline, Sintang – Usai soft opening Rumah Sakit Pratama Serawai pada Senin, 12 November 2018. Bupati Sintang, Jarot Winarno melanjutkan perjalanannya ke Nanga Kemangai pusat pemerintahan Kecamatan Ambalau, untuk meresmikan Puskesmas Nanga Kemangai, Selasa (13/11/2018).

“Sebenarnya di Indonesia tidak ada ribut soal suku, agama, adat dan budaya. Persoalan utamanya adalah ribut soal rasa keadilan dalam pembangunan suatu daerah,” ujar Bupati Jarot dihadapan masyarakat Nanga Kemangai, jajaran Pemerintahan Kecamatan Ambalau dan petugas kesehatan yang bertugas di Nanga Kemangai.

“Oleh karenanya, saya berkomitmen untuk membangun Sintang dengan rasa keadilan, sehingga masyarakat yang tinggal di pedalaman Sintang dapat merasakan kehadiran pemerintah di tengah perosalan yang sedang dihadapi,” tegasnya.

Baca Juga :  Hadiri Peresmian PLTU Sungai Ringin, Bupati Jarot Harap Visi ‘Indonesia Terang’ Terwujud

Persoalan dasar yang dirasakan oleh masyarakat pedalaman Sintang adalah infrastruktur dasar seperti, jalan, jembatan, pendidikan dan kesehatan.

“Tetapi, patut disyukuri bahwa dua kecamatan seperti, Serawai dan Ambalau dibanjiri kue pembangunan dari Pemerintah Pusat (Pempus), Provinsi dan Kabupaten Sintang,” tegasnya.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi di rujuk ke rumah sakit . Apabila masih bisa diatasi di Puskesmas, ya di Puskesmas saja. Saya berharap Puskesmas yang sudah berdiri dapat dimanfaatkan maksimal untuk kepentingan bersama,” harapnya.

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini menegaskan komitmennya untuk memperhatikan pembangunan di Serawai-Ambalau ini.

“Rumah Sakit Pratama Serawai sudah diresmikan. Kemudian Pemerintah Provinsi Kalbar pada tahun anggaran 2019 akan membangun ruas jalan Simpang Medang-Serawai. Hari ini kita kembali meresmikan kue pembangunan dari pemerintah pusat. Harapannya, kue pembangunan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat setempat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai,” tukas Bupati Jarot Winarno.

Baca Juga :  Berikan Pengarahan Umum Kepada GGD, Bupati Berbagi Pengalaman Selama 31 Tahun di Sintang

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh menyampaikan bahwa pembangunan Puskesmas Kemangai ini menggunakan dana DAK Reguler tahun anggaran 2017 sebesar Rp4 Miliar.

“Puskesmas ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kita terhadap masyarakat,” katanya.

Puskesmas Kemangai inipun didukung dengan dua tenaga dokter umum dan ruang rawat inap.

“Ini merupakan puskesmas yang respresentatif yang dapat melayani masyarakat selama 24 jam karena puskesmas Kemangai ini dilengkapai beberapa fasilitas kesehatan seperti poli gigi, poli kandungan, poli bedah Dan IGD,” tandasnya. (*/Sg)

Comment