Wabup Aloysius ke Pemuda Sekadau: Tanamkan Jiwa Inovasi dan Membangun Wujudkan Cita-cita Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Hari Pahlawan ke-73 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau diperingati dengan menggelar upacara bendera di halaman Kantor Bupati Sekadau, Senin (12/11/2018). Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara.

Sementara sebagai komandan upacara, Ipda Sudarsono, anggota Polres Sekadau. Dalam upacara ini diikuti oleh PNS/ASN di lingkungan Pemkab Sekadau, TNI, Polri, tenaga honor, serta pelajar dari perwakilan SMA sederajat di Sekadau.

Upacara ini digelar sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan para penjajah.

Wabup Aloy berpesan kepada para pemuda agar memiliki jiwa inovasi untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan para pahlawan terdahulu.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Ucapkan Selamat ‘Naik Dango’ Kepada Masyarakat Dayak

“Di era yang ke-73 tahun ini kita dituntut untuk dapat memahami kemajuan teknologi yang telah dicapai dan tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Untuk sekarang ini kita berperang melawan kemiskinan dan dampak negatif dari kemajuan teknologi,” ujar Aloysius.

“Saya berpesan agar para pemuda memiliki jiwa untuk berinovasi, jiwa untuk membangun, sehingga apa yang menjadi cita-cita para pahlawan dapat terwujud, yaitu mencapai Indonesia yang sejahtera,” tambahnya.

Sementara Ketua DPRD Sekadau, Albertus Pinus berharap para pemuda agar dapat mengisi kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawan dengan sebaik-baiknya, seperti bijak dalam menggunakan teknologi.

“Kita harap melalui semangat para pahlawan, para pemuda kita lebih bersemangat dalam mengisi  kemerdekaan melalui pembangunan, dimana diera modern sekarang ini para pemuda kita bisa saja salah dalam memanfaatkan teknologi yang begitu canggih,” harapnya.

Baca Juga :  KPU Tetapkan 156.592 Daftar Pemilih Tetap Pilkada Sekadau 2020

Momentum hari pahlawan ini, hendaknya mampu mempengaruhi para pemuda di Indonesia untuk berkarya dan berinovasi, untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu bersaing didunia Internasional. Untuk saat ini para pelajar menjadi kunci kesuksesan sebuah bangsa. Oleh karena itu pemuda diharapkan bisa belajar bersungguh-sungguh dalam menggapai mimpi dan cita-citanya.

Salah seorang siswi SMA Karya Sekadau, Cindy Natasya mengatakan peringatan hari pahlawan para pemuda harus dapat meneruskan perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan sebelumnya.

“Menurut saya di momen hari pahlawan ini, kita sebagai pemuda dapat meneruskan semangat perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan,” kata Cindy.

“Harapan saya bagi para teman-teman lainnya yang juga pelajar, semoga bisa meneruskan semangat para pejuang, dengan cara belajar sungguh-sungguh agar bangsa kita dapat maju,” pungkasnya. (*/Mus)

Comment