MABM Pontianak Juarai FSBM Kalbar ke-XII di Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) Kalbar ke-XII di Sekadau telah resmi ditutup, Sabtu (10/11/2018) malam. Pada malam penutupan itu ditetapkan kontingen Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kota Pontianak sebagai pemenang even akbar dua tahunan ini.

Kemenangan tersebut tak lain atas kerja keras yang salah satunya adalah dengan menentukan dengan baik peserta yang akan ikut pada tangkai-tangkai yang diperlombakan.

“Tetap seperti biasa setiap tahun menjelang pelaksanaan FSBM kami melakukan pertemuan-pertemuan untuk menentukan orang-orang yang dibawa,” ungkap Cecep, perwakilan MABM Pontianak usai penyerahan piala FSBM.

Cecep mengatakan, agar pada setiap tangkai mendapat juara, pihaknya memang memilih peserta yang ikut dengan baik. Barulah setelah itu mereka melakukan latihan-latihan agar potensi yang dimiliki peserta dapat maksimal.

Baca Juga :  Pembukaan FSBM Kalbar XII di Sekadau Berlangsung Semarak, Dapat Apresiasi Gubernur

“Kita proses latihan yang cukup lumayan. Memakan waktu satu sampai dua bulan juga,” tambah Cecep.

Pada FSBM ini, kontingen MABM Pontianak, tidak mengikuti seluruh tangkai yang diperlombakan. Hal tersebut diakui Cecep lantaran keterbatasan anggaran. Namun, dengan upaya keras mereka bisa meraih enam juara pertama dan dua juara tiga.

“Meskipun telah mendapat bantuan dari pihak terkait,” ucapnya.

Begitulah sedikit trik umum yang ditempuh pengurus MABM Pontianak yang sering kali maju sebagai juara umum FSBM termasuklah sebagai juara umum FSBM XII.

Baca Juga :  Tangkai Pangkak Gasing FSBM Kalbar XII di Sekadau, Kapuas Hulu Ungguli Bengkayang

Adapun rekapitulasi lengkap peringkat perolehan masing-masing kontingen MABM, kontingen MABM Pontianak sukses menjadi juara umum pada ajang ini.

Disusul MABM Sintang sebagai juara kedua. Sementara di posisi ketiga ditempati kontingen MABM Kayong Utara. Disusul MABM Sekadau sebagai juara 4. Juara 5 ditempati MABM Kapuas Hulu.

Kemudian juara 6 ditempati kontingen MABM Singkawang, kotingen MABM Melawi di juara 7, juara 8 ada kontingen MABM Sanggau.

Sementara juara 9 ditempati kontingen MABM Kubu Raya, juara 10 ada kontingen MABM Sambas. Juara 11 ada kontingen MABM Bengkayang, kontingen MABM Mempawah harus puas di juara 12.

Sedangkan juara 13 diraih kontingen MABMLandak serta MABM Ketapang harus puas di posisi buncit, juara 14. (*/Fai/Mus)

Comment