Jajaran Pemkot Pontianak Ziarah ke Makam Pahlawan

KalbarOnline, Pontianak – Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2018, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berziarah ke makam pahlawan, Jumat (9/11/2018).

Ziarah dilaksanakan di tiga makam pahlawan oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ketiga makam pahlawan tersebut adalah makam HR Mahmud Susilo Suwignyo dan Muchsin bin Darman di pemakaman samping Masjid Sirajul Munir, Jalan Kom Yos Sudarso. Sedangkan makam Pahlawan Irwan Abbas di pemakaman Jalan Cenderawasih.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Hidayati yang memimpin ziarah ke pemakaman Jalan Kom Yos Sudarso mengatakan bahwa di tahun-tahun sebelumnya, ziarah dilakukan setelah upacara Hari Pahlawan, tahun ini dilaksanakan sehari sebelum upacara.

Baca Juga :  Calon Siswa Bintara dan Tamtama TNI-AL Dilepas Gubernur, Danlantamal XII Pontianak: Ini Tradisi Baru

“Kita berziarah ke makam para pahlawan ini untuk mendoakan almarhum karena jasa-jasanya selama memperjuangkan kemerdekaan negara kita,” ujarnya.

Selain berziarah, Hidayati berujar jajaran Pemkot Pontianak juga melakukan anjangsana atau mengunjungi keluarga ahli waris dari para pahlawan tersebut.

“Kedatangan kami ke rumah keluarga ahli waris para pahlawan untuk memberikan sedikit bingkisan,” tuturnya.

Menurut dia ziarah ke makam pahlawan ini dalam rangka mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Momentum hari pahlawan ini untuk mengingatkan kepada seluruh bangsa bahwa perjuangan yang dihadapi para pahlawan dahulu kala sangat berat.

Baca Juga :  Lima Ekor Replika Harimau Hiasi Klenteng Kwan Tie Bio Pontianak

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mengisi kemerdekaan ini dengan segala kekuatan yang kita miliki,” ungkapnya.

Sementara itu, Rahmah, putri dari Pahlawan HM Suwignyo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada jajaran Pemkot Pontianak yang sudah meluangkan waktunya untuk berziarah ke makam orang tuanya.

“Kami merasa mendapat kehormatan karena orang tua kami selalu dikenang dan diingat serta berziarah ke makamnya dan mendoakan almarhum setiap tahunnya. Kami berterima kasih,” lirihnya. (jim)

Comment