Heningkan Cipta 60 Detik se-Indonesia

Pemkot Pontianak Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

KalbarOnline, Pontianak – Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Sabtu (10/11/2018), secara serentak akan dilaksanakan hening cipta selama 60 detik di seluruh Indonesia. Di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, mengheningkan cipta dilakukan bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Wali Kota Pontianak.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Suhra Wardi mengatakan, mengheningkan cipta ini serentak dimulai pukul 08.15 WIB. Dilaksanakan pada saat upacara bendera.

Baca Juga :  Harisson Pastikan Duplikasi Jembatan Kapuas 1 Bisa Langsung Digunakan Masyarakat Usai Diresmikan Presiden

“Selama mendengar bunyi sirine sebagai tanda dimulainya mengheningkan cipta, segala aktivitas harus dihentikan sejenak,” ujarnya, Jumat (9/11/2018).

Selain di tempat digelarnya upacara, titik-titik berlangsungnya hening cipta adalah di pasar, stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan udara, pelabuhan laut dan tempat keramaian lainnya.

Hening Cipta juga dilakukan di rumah, jalan raya (dalam kota), kantor, sekolah dan pabrik yang tidak terlibat pada upacara bendera, dalam kendaraan umum atau pribadi yang berada di jalan raya (dalam kota) agar menghentikan kendaraannya, kapal laut (diumumkan oleh nahkoda kapal), pesawat terbang (diumumkan oleh pilot), dan kereta api (diumumkan oleh Ketua Regu yang ada di dalam gerbong restorasi).

Baca Juga :  Sekuriti PDAM Pontianak Ditemukan Meninggal Dunia

Hari Pahlawan, lanjutnya, adalah momentum yang tepat untuk mengenang para pendahulu bangsa, pahlawan dan perintis kemerdekaan, serta para pendiri Republik Indonesia.

“Luangkan waktu kita mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan,” pungkasnya. (jim)

Comment