Tingkatkan Kualitas Perempuan di Dunia Politik

Asisten Setda Sintang Buka Workshop Caleg Perempuan

KalbarOnline, Sintang – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Hendri Harahap, S.Sos., MM membuka workshop bagi calon legislatif perempuan dan kader partai politik Kabupaten Sintang di Meeting Room Hotel My Home Sintang, Kamis (8/11/2018).

“Pada kontestasi politik di pemilu tahun 2019, kita dapat melihat bahwa cukup banyak keterlibatan kaum perempuan. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan minat kaum perempuan untuk terlibat pada proses pembangunan bangsa melalui jalur politik,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Henri menyampaikan secara singkat gambaran penurunan indeks demokrasi di Indonesia dalam dua tahun terakhir. Ia menyebutkan ada penurunan signifikan pada aspek kebebasan berkumpul dan berserikat serta kebebasan dari disrikriminasi.

Baca Juga :  Buka Musdat di Lengkong Bindu Kayan Hilir, Bupati Jarot: Lestarikan Adat dan Tradisi

Henri juga menyampaikan beberapa langkah yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi pemilu 2019. Misalnya, memperkuat peran forum koordinasi pimpinan daerah untuk mendeteksi kerawanan pemilu, melakukan sosialisasi aturan pemilu, serta melakukan pendidikan politik secara terpadu kepada pemilih.

“Acara kita pada hari ini, itu salah satu bentuk pendidikan politik yang kita lakukan bersama antara Pemda Sintang melalui Dinas KBP3A, KPUD dan Bawaslu Daerah Kabupaten Sintang ini,” ungkap Henri.

“Saya harap agar melalui kader-kader partai dan caleg perempuan ini dapat terlibat aktif dan terus menjalin koordinasi dengna pihak-pihak terkait lainnya, supaya mampu mengatasi persoalan yang terjadi pada penyelenggaraan pemilu 2019 nanti,” kata Henri menutup sambutannya.

Baca Juga :  Hadiri Pagelaran Seni Budaya KPU, Bupati Jarot Ingatkan Makna Demokrasi

Kegiatan ini turut menghadirkan narasumber diantaranya Ketua KPU Kabupaten Sintang, Hazizah dan Wakil Bupati Sambas, Hj. Hairiah, SH., MH. Kedua tokoh wanita ini, merupakan tokoh-tokoh wanita yang berkiprah dalam bidang politik di Kalimantan Barat.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Keluarga Berencana, Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Sintang, Drs. Idham Halik menyampaikan mengenai jumlah peserta yang hadir lebih dari 30 peserta dari 42 peserta yang terdaftar pada panitia. Para peserta itu berasal dari daftar caleg yang terdata di KPUD Sintang.

“Tujuan kegiatan ini antara lain untuk menginspirasi dan mengerakkan kaum perempuan Sintang untuk menjadi pelaku aktif dalam dunia politik,” kata Idham.

“Kita juga ingin memperluas wawasan tentang berpolitik, dan mempersiapkan mental kaum perempuan Sintang untuk terjun ke dunia politik,” tambahnya.

“Terakhir, lewat kegiatan ini kita selaku pemerintah daerah ingin meningkatkan kualitas kaum perempuan Sintang dalam dunia politik,” pungkasnya. (*/Sg)

Comment