Kenalkan Kuliner Khas Lewat Eksebisi Masakan Melayu di FSBM Kalbar ke-XII

KalbarOnline, Sekadau – Pada Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) Kalbar ke-XII, MABM menggelar berbagai kegiatan, salah satunya eksebisi masakan Melayu yang diadakan di lapangan EJ. Lantu, Jumat (8/11/2018) pagi.

Kegiatan ini bukanlah tangkai lomba, melainkan sekedar eksebisi yang bertujuan untuk memperkenalkan kuliner khas dari daerah masing-masing yang diikuti oleh 8 kontingen yaitu Sekadau, Sambas, Sanggau, Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Kubu Raya serta Kota Singkawang.

Ketua panitia penyelenggara eksebisi masakan Melayu, Rosita berharap dengan diadakannya eksebisi ini, kuliner dari daerah dapat terangkat dan dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Masyarakat Jaga dan Lindungi Adat Budaya Asli Kalbar

“Dengan adanya kegiatan seperti ini harapan saya kedepannya mungkin jika ada kuliner-kuliner dari Kabupaten lain khususnya masakan Melayu yang belum dikenal masyarakat mudah-mudahan setelah diadakannya kegiatan ini, masakan-masakan tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas,” kata Rosita.

Sementara kontingen Sambas, dengan antusias memperkenalkan kuliner khas dari daerahnya,  selain itu mereka juga menjelaskan bahan-bahan yang digunakan dalam masakan tersebut.

“Kami dari Kabupaten Sambas memasak Asam Pedas Belulang, yang mana masakan tersebut terbuat dari daging, kulit sapi ataupun tulang sapi,” jelas salah seorang kontingen Sambas.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Sampaikan Ucapan Selamat Kepada Bupati Landak

“Masakan ini memang berasal dari Kalimantan Barat khususnya dari Kabupaten Sambas dan dari daerah lain belum ada masakan ini. Bahan-bahannya yang pertama yaitu belulang atau kulit sapi, yang kedua yaitu daging atupun tulang sapid dan yang ketiga kentang atau lobak. Masakan ini bisa di nikmati dengan bihun ataupun nasi,” tambahnya.

Diakhir acara para peserta menikmati masakan yang telah dihidangkan, para tamu dan masyarakat yang hadir juga dipersilahkan untuk menkmati dan mencicipi hidangan dari masing-masing daerah. (*/Mus)

Comment