Desa Mandiri Benar-benar Jadi Fokus Gubernur Kalbar

KalbarOnline, Kubu Raya – Gubernur Kalbar, Sutarmidji kembali menyatakan komitmennya mewujudkan desa-desa di Kalbar menjadi desa mandiri. Hal ini ia katakan saat menghadiri Festival Robo-robo di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya, Rabu (7/11/2018).

Sutarmidji bahkan menegaskan bahwa Desa Punggur Besar, Punggur Kecil dan Punggur Kapuas itu sudah sangat layak menjadi desa mandiri.

Ketiga desa itu, ditegaskan Sutarmidji, tak hanya sangat layak menjadi desa mandiri bahkan sangat layak menjadi wilayah kecamatan baru yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

“Saya bersama Pak Kapolda dan Pak Pangdam bertekad, Kalbar yang saat ini hanya ada satu desa mandiri harus jadi 200 bahkan 400 desa mandiri dalam waktu lima tahun kedepan dan saya yakin bisa,” tegasnya.

Baca Juga :  Fakta Pembunuhan Ibu Muda di Kubu Raya Terkuak dalam Rekonstruksi 46 Adegan

Hal itu akan dilakukan sesuai dengan indikator desa mandiri. Ketiga desa itu, kata Sutarmidji, hampir keseluruhan memenuhi indikator desa mandiri yang ada.

“Dari 68 indikator desa mandiri, desa punggur kecil, desa punggur besar dan desa punggur Kapuas hamper memenuhi indikator desa mandiri,” tuturnya.

Gubernur yang akrab disapa Bang Midji ini menegaskan guna mewujudkan desa mandiri itu perlu dilakukan sinergitas yang kuat serta pembagian kerja.

Baca Juga :  Sutarmidji Tanggapi Santai Isu Keretakan "Rumah Tangganya" dengan Ria Norsan

“Pembangunannya kita bagi, dari 68 indikator desa mandiri itu yang mana bisa ditangani dana alokasi desa, yang mana dana APBD kabupaten, yang mana dana provinsi itu harus dibagi sesuai tukposinya. Yang berat-berat biar provinsi bersama TNI-Polri yang tangani, dengan demikian kita bisa mewujudkan desa mandiri,” tegasnya lagi.

“Kalau Pak Presiden Jokowi sekarang dengan Nawacita membangun daerah pinggiran, kita menyambungnya dari desa. Sehingga muncul sinergitas, ini perlu agar membuat suatu kawasan itu kuat, supaya segala kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Anggota DPR-RI, Syarif Abdullah Alkadri, Bupati Kubu Raya terpilih, Muda Mahendrawan bersama Wakil Bupati Kubu Raya terpilih, Sujiwo, sejumlah Anggota DPRD Kubu  Raya serta ribuan masyarakat setempat. (*/Fai)

Comment