Edi Harap BPNT Ringankan Beban Warga Tidak Mampu

Launching Bantuan Pangan Non Tunai Pertama di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono resmi meluncurkan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Lebih dari seratus warga yang berdomisili di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI yang diserahkan langsung oleh Plt Wali Kota di Gang Ambotin, Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Kota, Senin (5/11/2018).

Adanya BPNT ini diharapkan Edi bisa meringankan beban masyarakat tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Baca Juga :  Paparkan Data Terkini Covid-19, Sidiq Sebut Pontianak Mestinya Level Dua

“Saya berharap Bantuan Pangan Non Tunai ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang tergolong tidak mampu dan tidak menyalahgunakan bantuan tersebut untuk keperluan di luar sandang dan pangan atau kebutuhan pokok rumah tangga,” pesannya.

BPNT ini menggunakan kartu yang hanya bisa digunakan pada mesin e-Warung, bentuknya seperti kartu ATM. Mesinnya juga didesain sedemikian rupa supaya masyarakat bisa memperoleh BPNT dengan menggunakan kartu. Setiap warga yang masuk dalam daftar penerima BPNT, akan menerima bantuan senilai Rp110 ribu.

Baca Juga :  Wali Kota Terkesima Kepiawaian Seorang Difabel Mainkan Keyboard

“Uang tersebut harus dibelanjakan sesuai dengan paket yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial, yakni telur dan beras,” jelasnya.

Menurut Edi, di Kota Pontianak, peluncuran BPNT ini merupakan pertama kalinya. Secara keseluruhan jumlah Kartu BPNT se-Kota Pontianak adalah 7.201 kartu. Sementara, dari jumlah tersebut, baru 4.219 kartu yang sudah didistribusikan kepada warga tidak mampu berdasarkan data dari Dinas Sosial Kota Pontianak. (jim)

Comment