Sekadau Juarai Sampan Bidar FSBM Kalbar XII

KalbarOnline, Sekadau – Hari kedua Festival Seni dan Budaya Melayu (FSBM) ke-XII tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Sekadau, lomba sampan bidar resmi digelar yang dilaksanakan di Sungai Sekadau, Desa Tanjung, Sekadau Hilir, Sekadau, Selasa (6/11/2018).

Lomba sampan bidar ini diikuti oleh 6 Kabupaten diantaranya Kabupaten Melawi, Sanggau, Kapuas Hulu, Sekadau, Sintang dan Sambas. Lomba ini dibagi menjadi 4 tahap, yaitu penyisihan pertama, penyisihan kedua, perebuatan juara harapan serta final.

Jalannya lomba perebutan juara pertama cukup sengit, diawal perlombaan Sintang berhasil mendapatkan peringkat pertama, tetapi tidak lama berhasil disusul oleh Sekadau. Sekadau yang menempati posisi pertama terus melaju cukup cepat sehingga tidak dapat dibendung oleh lawannya, sedangkan Sintang yang menduduki peringkat kedua ternyata dapat disusul oleh Sambas ketika mendekati Finish sehingga posisi kedua berhasil direbut oleh Sambas, sedangkan Kapuas Hulu menduduki peringkat terakhir.

Baca Juga :  BPBD Sekadau Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Landau Mentawa

Perebutan Juara Harapan 2 dan 3 yang mempertemukan antara Melawi dengan Sanggau dimenangkan oleh Sanggau tanpa perlawanan yang berarti.

Ofisial tim Kabupaten Sekadau mengungkapkan rasa gembiranya karena latihannya selama satu bulan ini berhasil membuahkan Juara Pertama.

“Kami sebagai manajer tim Sekadau sangat-sangat puas dengan kerja tim Sekadau,” ungkap ofisial tim Sekadau, Abang Nasir.

“Selama 1 bulan kami berlatih setiap hari, mulai dari jam 3 hingga sore,” sambungnya.

Baca Juga :  Pemkab Sekadau Apresiasi Kepedulian PT Agro Andalan: Bantu Pemerintah Tingkatkan Taraf Masyarakat

Ketua Panitia yang ditemui seusai penyerahan hadiah menuturkan terima kasih kepada seluruh kontingen dari Kabupaten lain yang telah ikut dalam lomba ini.

“Dengan pertandingan yang berjalan lancar, kita sebagai tuan rumah banyak-banyak mengucapkan terima kasih kepada para kontingen kabupaten lain,” jelas Ketua Panitia Lomba Sampan Bidar FSBM Kalbar XII, M. Ardiansyah.

Diakhir lomba dilangsungkan penyerahan piala kepada para juara, yaitu Juara 1 berhasil diraih Sekadau, Juara 2 ditempati Sambas, Juara 3 diraih Sintang, Juara Harapan 1 ditempati Kapuas Hulu, Sanggau menempati Juara Harapan 2, Melawi menempati Juara Harapan 3.

Lomba sampan bidar untuk umum akan dimulai selepas Dzuhur, Selasa (6/11/2018) yang akan memperlombakan 136 Tim, yang terdiri dari 34 tahap lomba kemudian akan dilanjutkan Rabu (7/11/2018) untuk tahap finalnya. (*/Mus)

Comment