Pembukaan FSBM Kalbar XII di Sekadau Berlangsung Semarak, Dapat Apresiasi Gubernur

KalbarOnline, Sekadau – Malam pembukaan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-XII tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan di lapangan E.J Lantu Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, berlangsung meriah, Senin malam (5/11/2018).

FSBM ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Masyarakat Sekadau tampak sangat antusias menyaksikan malam pembukaan FSBM tersebut, terpantau sejak sore hari masyarakat sudah memadati area pembukaan.

Salah seorang warga asal Kecamatan Nanga Mahap, Anto mengatakan bahwa ia sengaja datang bersama keluarganya untuk menyaksikan malam pembukaan acara FSBM Kalbar ke-XII ini. Dia juga merasa senang dapat melihat langsung Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang hadir di malam pembukaan FSBM ke-XII tersebut.

“Saya bersama keluarga datang dari Kecamatan Nanga Mahap ke Sekadau untuk menyaksikan pembukaan Festival Seni Budaya Melayu ini, karena acara seperti ini juga beberapa tahun sekali diadakan dan tahun ini Sekadau menjadi tuan rumahnya, jadi kita sangat senang menyaksikan acara ini dan gembira dapat melihat langsung Bapak Gubernur Kalimantan Barat yang datang ke Kabupaten Sekadau,” ungkap Anto.

Baca Juga :  Tumbuhkan Rasa Nasionalisme, Bhabinkamtibmas Gonis Tekam Pasang Bendera Merah Putih di Kampung Tapang Temunik

Pembukaan FSBM ke-XII Kalbar ini, juga diramaikan dengan pameran stan kontingen perwakilan dari 14 kota dan kabupaten se-Provinsi Kalimantan Barat yang menampilkan produk unggulan dan kerajinan tangan yang menjadi ciri khas daerah masing-masing.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji bersama Bupati Sekadau,Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono bersama rombongan lainnya menyempatkan untuk berkeliling mengunjungi stan-stan dari berbagai kabupaten dan kota yang meramaikan malam pembukaan FSBM Kalbar ke-XII tersebut.

Sutarmidji mengapresiasi Bupati Sekadau, Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius serta jajaran dan para pengurus panitia FSBM tersebut, dimana acara malam pembukaan Festival Seni Budaya Melayu ke-XII ini dapat berjalan dengan lancar dan ia berharap agar kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan baik sampai dengan malam penutupannya nantinya.

Baca Juga :  Fraksi NasDem Sekadau Soroti Pendapatan BPHTB Take Over Perusahaan Sawit

“Saya sangat mengapresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau serta jajaran dan pengurus atau panitia FSBM ini, yang mana untuk acara pembukaan Festival Seni Budaya Melayu ke-XII ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Sutarmidji.

“Harapan saya, untuk kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik, sampai dengan malam penutupan nantinya,” tambahnya.

Selanjutnya Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan bahwa kegiatan Festival Seni Budaya Melayu ini bukan semata-mata untuk mencari juara, melainkan untuk mempererat silahturahmi diantara sesama masyarakat Melayu di Kalimantan Barat dengan suku-suku yang lainnya.

“Pertandingan dalam kegiatan Festival Seni Budaya Melayu ini bukan semata-mata untuk mencari juara, akan tetapi yang harus kita junjung adalah untuk mempererat silahturahmi diantara kita sesama masyarakat Melayu di Kalimantan Barat dan juga menjalin silaturahim dengan suku-suku lainnya,” jelas Rupinus.

“Kita berharap adat budaya Melayu dapat terlestarikan sebagai bagian dari kekayaan budaya nusantara,” tuturnya. Kegiatan malam pembukaan Festival Seni Budaya Melayu juga dimeriahkan dengan tarian adat melayu yang menyemarakan acara tersebut. Untuk perlombaan kegiatan dilaksanakan dari mulai tanggal 6 sampai dengan 10 November 2018. (*/Mus)

Comment