Gala Desa Perdana di Sekadau Bakal Digelar, Ini Harapan Kepala Disporabudpar

KalbarOnline, Sekadau – Gala Desa yang merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia bakal digelar di Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau pada 10-30 November mendatang.

Guna mensukseskan kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Pemerintah Kecamatan Nanga Taman menggelar rapat kerja persiapan Gala Desa yang berlangsung di aula Kantor Camat setempat, Rabu (31/10/2018).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sekadau, Paulus Misi, S.Pd menjelaskan bahwa Gala Desa ini merupakan program Kemenpora RI dalam rangka memasyarakatkan olahraga.

Selain itu juga, kata dia, Gala Desa ini merupakan bagian dari kampanye Gerakan Nasional Ayo Olahraga. Tentu pihaknya, kata dia, sangat menyambut baik kegiatan seperti ini dalam rangka menyehatkan masyarakat Sekadau.

Baca Juga :  Masyarakat Antusias Hadiri Open House Natal Bupati dan Wakil Bupati Sekadau

“Jadi Gala Desa ini seperti turnamen yang dipusatkan di desa dalam rangka mencari bibit-bibit olahraga yang didalamnya merupakan masyarakat desa yang berbakat dan berprestasi. Tentu kita berharap para atlet ini menjadi perwakilan Sekadau untuk berlaga di tingkat yang lebih tinggi, dari desa naik ke tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan nasional,” tukasnya.

Ia berharap kedepan Gala Desa ini dapat berkesinambungan dan dapat digelar di setiap Kecamatan se-Kabupaten Sekadau.

“Kali ini Nanga Taman yang pertama kali di Sekadau. Kedepan kita harap setiap desa di Kecamatan yang ada di Sekadau bisa diselenggarakan juga Gala Desa ini,” ujarnya.

“Untuk pelaksanaannya dilaksanakan pada 10-30 November yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan maksud tidak mengganggu waktu sekolah dan belajar para pelajar,” tandasnya.

Baca Juga :  Wabup Aloysius Harap Atlet Sekadau Tampil Maksimal di Porprov Kalbar XII

Dari enam cabang olahraga yang ada di program Gala Desa, hanya empat cabang olahraga yang dipilih dan dipertandingkan pada Gala Desa di Nanga Taman yaitu sepak bola, bola voli, tenis meja dan atletik.

Pada penyelenggaraan Gala Desa di Sekadau ini melibatkan peserta dari 13 Desa yang ada di Nanga Taman dan diikuti sebanyak 1196 atlit se-Kecamatan Nanga Taman.

Adapun desa-desa yang turut serta diantaranya Lubuk Tajau, Meragun, Nanga Engkulun, Nanga Kiungkang, Nanga Koman, Nanga Mentukak, Nanga Mongko, Nanga Taman, Pantok, Rirang Jati, Sungai Lawak, Senangak dan Tapang Tinggang.

Turut hadir pada kesempatan ini Kapolsek Nanga Taman, Ipda Didik D Putra, Danramil Nanga Taman, Kapten L. Simare-simare, Ketua KONI Sekadau, Rusmin serta pengkab cabang olahraga Sekadau serta pihak terkait lainnya. (Mus)

Comment