by

Smart City Kubu Raya Akan Sajikan Semua Data

KalbarOnline, Pekan Baru – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya belajar ke Kota Pekan Baru tentang berbagai hal yang dianggap dapat diadopsi di Kubu Raya untuk beberapa program. Diantaranya, Smart City, pengelolaan pasar tradisional, perijinan dan pengelolaan serta perencanaan anggaran.

Rombongan Pemerintah Kubu Raya dipimpin oleh Pj Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo. Turut hadir Kepala Bappeda, Kepala DPMPTSP, Inspektur, Kepala Dinas Sosial dan Pemdes, Asisten I dan Aisten III Setda Kubu Raya. Dalam kesempatan tersebut rombongan diterima oleh Asisten I dan Asisten III Kota Pekan Baru, Senin (29/10/2018).

Odang mengatakan, Kabupaten Kubu Raya sebelumnya telah melakukan peluncuran Smart City Kubu Raya. Untuk mewujudkan Smart City Kubu Raya yang lebih baik, yang terintegrasi dalam satu sistem dan data, Kubu Raya perlu melakukan pembelajaran kedaerah yang dianggap telah menjadi pilot projek nasional.

“Kita tau bersama, bahwa Kota Pekan Baru sudah sangat baik dalam mewujudkan Smart City Pekan Baru. Semua sudah tersistem dalam satu aplikasi. Untuk itu, kita belajar bersama dalam upaya kita juga untuk mewujudkan Smart City Kubu Raya dan berbagai program yang dapat kita adopsi di Kubu Raya,” terang Odang.

Odang berharap kedepan Kubu Raya dapat mewujudkan Kubu Raya Smart City, dibutuhkan keterampilan SDM dan kemauan yang kuat untuk menyikan semua data secara terbuka. Sebagaimana di Kota Pekan Baru, melalui sebuah sistem yang dibangun semua data dapat terintegrasi oleh satu sistem.

Mulai dari pemetaan wilayah, tingkat penghasilan warga dalam setiap rumah di lingkungan RT dan RW serta Kelurahan. Disamping itu, terkait dengan perijinan, juga sudah terintegrasi dalam satu sistem. (ian)

BACA JUGA:  Jembatan Tua di Sungai Kakap Bakal Direnovasi

Comment