Jadi Irup Peringatan Sumpah Pemuda di Sintang, Ini Kata Wabup Askiman

KalbarOnline, Sintang – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 di Kabupaten Sintang diperingati dengan Upacara Bendera yang berlangsung di Aula Indoor Apang Semangai Sintang, Senin (29/10/2018).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sintang, Askiman didapuk menjadi Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Wabup Askiman menyatakan bahwa pembangunan kepemudaan sangat penting dilakukan guna melahirkan generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia , sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratif, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan , kewirausahaan, kepeloporan dan berkebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD Republik Indonesia 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indoensia (NKRI).

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat saat ini, ibaratkan sebagai mata pisau satu sisi yang memberikan jalinan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan perkembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif yaitu informasi yang bersifat negatif, mulai dari hoax, etnis, pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme, terorisme yang masuk dengan mudahnya apabila kaum pemuda tidak bisa membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. Revolusi mental yang dicanangkan Presiden RI amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju,” tegas Wabup Askiman.

Baca Juga :  Marchues Afen Buka Workshop Generasi Sehat dan Cerdas

Orang nomor dua di Sintang ini menjelaskan, ciri pemuda yang maju dalam pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing , harus didasari revolusi mental dan harus dapat dijadikan sebagai pemicu mempercepat terwujudnya pemuda yang maju sehingga dapat menghasilkan bangsa yang sehat, bangsa yang kuat, bangsa yang cerdas dan bangsa yang menjadi pemersatu negeri yang dicintai ini.

Baca Juga :  Dapat Nomor Urut 2, Ini Filosofinya Menurut Pasangan Werry Syahrial – HM Nasir

Askiman menambahkan bahwa para pemuda yang patut dibanggakan adalah pemuda Indonesia yang lahir dan mampu berkompetisi di kanca Asia. Perhelatan Asian Games 2018 hasil-hasil pemuda Indonesia yang berhasil bersaing dengan bangsa-bangsa Asia dan berhasil menduduki peringkat ke-4.

“Sedangkan di Asian Game 2018,paraatlit kita berhasil menduduki peringkat ke-5, ini adalah sejarah baru bagi bangsa Indoensia, serta dijadikan momentum untuk membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan partisipasi di berbagai bidangnya dalam peran membangun bangsa ini,” tukasnya.

Sementara Ketua Panitia Peringatan hari Sumpah Pemuda Kabupaten Sintang, Haji Junaidi menyatakan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini digelar berbagai lomba untuk menggelorakan semangat para pemuda di Kabupaten Sintang seperti misalnya lomba pidato, agar para pemuda bisa membuka wacana pengetahuan.

Turut digelar kegiatan Duta HIV  kerjasama dengan Komisi Pemberantasan HIV Kabupaten Sintang.

Pada upacara peringatan Sumpah Pemuda di Sintang ini juga dihadiri Sekda Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si serta para pejabat Forkopimda, TNI, Polri, OKP, Pramuka, Mahasiswa dan pelajar. (*/Sg)

Comment