by

Bupati Jarot: Santri Pioner Perdamaian

Jadi Irup Gebyar Hari Santri Bersama Ponpes Darul Ma’arif dan Milad STAIMA

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menjadi inspektur upacara pada kegiatan gebyar hari santri di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang. Bersamaan dengan itu turut dilangsungkan pula peringatan milad Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Sintang, Sabtu (27/10/2018).

Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutannya menyatakan bahwa tema yang diusung pada peringatan hari santri tahun 2018 ini yakni ‘bersama santri damailah negeri’, menurutnya sangatlah relevan dengan tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini, karena merebaknya ajaran ekstrimisme, radikalisme dan terorisme.

“Maka dari itu, ini adalah momentum yang tepat untuk mempertegas peran santri sebagai pioner perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia,” ujar Bupati Jarot.

Menurutnya, para santri harus memiliki karakter yang moderat, toleran dan komitmen cinta tanah air. Hal ini, kata Bupati, untuk menjadikan para santri dapat menjaga, merawat dan mempertahankan suasana damai yang menjadi pondasi tegaknya NKRI.

“Saya berpesan kepada para santri di Kabupaten Sintang, tatkala kalian sudah memilih mencari ilmu di pesantren, yang tinggal bersama satu atap di bawah bimbingan kiyai dan ustadz-ustadzah, kalian harus memiliki etika, moral serta akhlak yang lebih baik dibanding peserta didik di tempat lain,” pesannya.

Orang nomor satu di Sintang itu juga mengingatkan para santri dan mahasiswa untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya pada pemilu mendatang. Ia mengingatkan agar para santri dan cendikia di STAIMA Sintang dapat mengikuti pesta demokrasi itu secara bijaka, baik itu dalam memilah dan menyikapi informasi politik.

“Gunakan hak pilih kalian untuk dewasa dalam berpolitik, ikut awasi pemilu sehingga menjadi kompetisi politik yang bermartabat,” pesannya lagi.

Sementara Pimpinan Ponpes Darul Ma’arif Sintang, Drs. KH. Mohamad Gozali, MH menyampaikan rasa senangnya mendapatkan kunjungan orang nomor satu di Sintang itu dalam momen gebyar hari santri. Bersama Bupati Jarot, dirinya menyerahkan beberapa tropi kepada para pemenang lomba kegiatan Gebyar Hari Santri di Sintang. Turut hadir pada acara tersebut, Kapolres Sintang, AKBP Sudarmin. (*/Sg)

Comment

News Feed