Serahkan Bantuan Program P2-Emas, Wabup Askiman: Motivasi Masyarakat Ciptakan Karya Nyata

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM secara resmi membuka kegiatan Hilirisasi Industri Produk Tenun Ikat sekaligus launching KUB Industri Tenun Ikat ‘Jaya Bersama’ dan penyerahan bantuan Program P2-Emas Rumah Betang Ensaid Panjang di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Rabu (24/10/2018).

Dalam sambutannya, Wabup Askiman menyatakan bahwa program P2-Emas yang dilaksanakan ini merupakan program baru, namun sejauh ini Pemerintah Kabupaten Sintang sudah melakukan berbagai upaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat, karena program P2-Emas ini merupakan bagian realisasi pelaksanaan visi-misi Pemerintah Kabupaten Sintang tahun 2016/2021.

“Salah satu daya ungkit untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Pemerintah Kabupaten Sintang sudah melakukannya sejak lama seperti memberikan berupa bantuan bibit karet yang selalu bergulir setiap tahun, serta bantuan dasar terhadap kerajinan tenun ikat, sehingga dasar dari pemikiran ini guna merealisasikan keberhasilannya maka Pemerintah Kabupaten Sintang membentuk Program Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (P2-Emas) yang kegiatan dilaksanakan secara terpadu,” tukas Askiman.

Baca Juga :  Ground Breaking Rumah Joglo Sintang, Jarot Winarno: Silakan Suku Lain Buat Rumah Adat Masing-masing

Wabup Askiman menjelaskan bahwa program P2-Emas ini sebagai daya ungkit serta memotivasi memicu semangat masyarakat untuk dapat menciptakan suatu karya nyata, baik dalam bentuk pengembangan kelompok usaha, pengembangan usaha-usaha baru dalam rangka membentengi suatu garis pertahanan ekonomi bagi masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Perdaganagan dan UKM Kabupaten Sintang, Haji Sudirman menyatakan dalam memaksimalkan pelaksanaan program P2-Emas di daerah ini pihaknya akan memberikan pelatihan termasuk pembinaan, serta memberikan bantuan sarana dan prasarana terhadap para pengrajin tenun ikat masyarakat di Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai.

Baca Juga :  Pantau Pasien di RSUD, Askiman Minta Pihak RSUD Utamakan Pelayanan Pasien

Haji Sudirman juga menjelaskan pada tahun 2018 ini di Kabupaten Sintang ada 7 lokasi Kecamatan dalam pelaksanaan Program P2-Emas yaitu Kecamatan Kelam Permai, Kayan Hilir, Serawai, Ketungau Hulu, Sepauk, Sungai Tebelian dan Kecamatan Binjai.

“Pada tahun 2019 akan berlanjut di 7 kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Sintang, sehingga total 14 kecamatan dapat terjangkau pelaksanaan Program P2-Emas sesuai potensi yang dimiliki masyarakat di setiap wilyah kecamatan,” tukasnya. Pada acara tersebut secara simbolis juga dilakukan penyerahan benang tenun, pewarna kimia tenun dan peralatan pencelupan oleh Wabup Askiman didampingi Sekda Sintang, Dra. Yosepha Hasnah dan Kepala Disperindagkop dan UKM Sintang serta dihadiri seluruh OPD dan Forkopimda Sintang. (*/Sg)

Comment