Pemkab Sekadau Apresiasi Kepedulian PT Agro Andalan: Bantu Pemerintah Tingkatkan Taraf Masyarakat

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi terhadap upaya perbaikan jalan Kayu Lapis dan pembangunan pabrik kelapa sawit yang dilakukan perusahaan kelapa sawit PT Agro Andalan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae usai melakukan kunjungan pengecekan fisik pembangunan jalan Kayu Lapis KM 8-20 di Kecamatan Sekadau Hilir, Senin (22/10/2018).

Kepala DKP3 Sekadau, Sandae dan jajaran saat audiensi dengan pihak perusahaan PT Agro Andalan usai meninjau pembangunan PKS PT Agro Andalan di Desa Setawar
Kepala DKP3 Sekadau, Sandae dan jajaran saat audiensi dengan pihak perusahaan PT Agro Andalan usai meninjau pembangunan PKS PT Agro Andalan di Desa Setawar (Foto: */Mus)

Selain mengecek pembangunan jalan, Sandae juga meninjau perkembangan pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Agro Andalan di Desa Setawar.

“Kami sangat apresiasi PT Agro Andalan atas peran dan kepeduliannya dalam perbaikan dan pelebaran jalan Kayu Lapis ini, sehingga akses transportasi yang penting ini bisa digunakan masyarakat sekitar,” kata Sandae.

Jalan Kayu Lapis yang membentang di Kecamatan Sekadau Hilir tersebut merupakan jalan non status yang sering dilalui masyarakat. Jalan tersebut awalnya merupakan milik perusahaan Kayu Lapis yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi. PT Agro Andalan, melalui dana tanggung jawab sosial (CSR), membantu memperbaiki jalan tersebut sehingga dapat digunakan oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Ciptakan Situasi Aman, Personel Polsek Lakukan Pengamanan Lomba Sampan Bidar

Menurut dia, keberadaan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sekadau memiliki peran yang cukup strategis dalam membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya melalui program-program pengembangan ekonomi dan tanggung jawab sosial (CSR).

Dalam kunjungannya ke PKS milik Agro Andalan, Sandae juga melihat dari dekat perkembangan pembangunan pabrik yang saat ini pembangunannya sudah mencapai sekitar 40 persen. PKS tersebut memiliki kapasitas produksi 30 ton Tandan Buah Segar (TBS) per jam yang dapat ditingkatkan sampai 60 ton per jam dan diharapkan segera beroperasi pada tahun 2019.

Baca Juga :  Sebuah Truk Box Tabrak Rumah Warga di Sekadau Hingga Ringsek

Sementara itu, Ketua Adat Desa Setawar, Bengki mengatakan masyarakat sangat mendukung pendirian PKS tersebut karena akan memberikan dampak terhadap terhadap penciptaan lapangan kerja dan juga membantu petani kelapa sawit di desa tersebut dalam menjual hasil produksinya.

“Kami berharap pabrik kelapa sawit yang dibangun ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar area perkebunan, khususnya para petani kelapa sawit, sesuai dengan janji perusahaan untuk bekerja sama dengan para petani lokal di sekitar area perkebunan,” kata Bengki.

Selain itu, menurut Bengki, Agro Andalan sudah membuktikan hal tersebut untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal di PKS tersebut yang ditunjukkan dengan pemberian beasiswa kepada beberapa siswa SMK yang merupakan putra daerah Sekadau untuk menuntut ilmu di Instiper Yogyakarta yang nantinya akan dipekerjakan di PKS milik perusahaan. (Mus)

Comment