by

Bupati Rupinus Buka Pencanangan KB-Kes di Merapi: Upaya Sejahterakan Masyarakat

Sekaligus Bulan Bhakti Manunggal TNI-KB Kesehatan

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan di Desa Merapi, Kecamatan Sekadau Hilir, Senin (22/10/2018).

Hal ini merupakan upaya pemerintah membina keluarga di daerah agar semakin sejahtera.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan Bulan Bhakti Manunggal TNI-KB Kesehatan Kodim 1204/Sanggau.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si ini turut dihadiri perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, perwakilan Dandim 1204/Sgu, unsur Forkopimda Sekadau, Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Kristina Rupinus, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius dan pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten serta kecamatan maupun desa setempat. Selain itu, hadir Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau.

Bupati Rupinus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi semangat warga Desa Merapi yang begitu luar biasa.

Bupati meminta instansi terkait untuk membantu program dalam mendukung kegiatan ini.

“Hal ini dilakukan dalam rangka mensejahterakan kehidupan masyarakat dengan harapan, tidak ada stunting. Demikian halnya, pencegahan stunting dimulai dari kandungan,” ujarnya.

Bupati Rupinus juga berpesan agar ibu-ibu hamil rajin ke Posyandu dalam memeriksakan kesehatannya.

Orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini juga mengapresiasi jajaran TNI dan semua pihak yang terlibat dalam mendukung pencanangan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan dan Bulan Bhakti Manunggal TNI KB Kesehatan Kodim 1204/Sanggau yang digelar di halaman Kantor Desa Merapi ini.

“Kami berharap agar program kegiatan ini berkelanjutan. Saya juga berharap agar program ini didukung,” harapnya.

Sementara Danramil Sekadau Hilir, Kapten Indra F Chaniago mewakili Dandim 1204/Sgu menuturkan bahwa kegiatan ini sudah berjalan dengan baik.

Untuk mendukung kegiatan itu, maka pihaknya bekerjasama dengan sejumlah pihak demi suksesnya kegiatan ini.

“Tujuan dari program ini jelas adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk,” ucapnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Kristina Rupinus mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pembangunan kesehatan yang dilakukan secara terpadu dengan lintas sektoral dalam rangka membangun keluarga sejahtera.

Hal ini dalam rangka mencapai sasaran seperti terbentuknya kelompok dasa wisma baru dan menggiatkan dasa wisma lama agar semakin aktif.

“Untuk mendukung program pemerintah, Tim Penggerak PKK berada digaris terdepan dalam program KB Kesehatan,” tuturnya.

Ia katakan, kegiatan ini juga merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan pengabdian PKK demi terciptanya keluarga sehat dan bahagia serta melahirkan generasi bangsa yang berkualitas.

“Besar harapan kami kegiatan ini tidak semata bersifat seremonial saja akan tetapi ditindaklanjuti oleh seluruh stakeholder melalui kegiatan nyata yang langsung menyentuh kepada masyarakat,” harap Kristina yang juga Istri orang nomor satu di Kabupaten Sekadau ini.

Kepala Desa Merapi, Saleh SY mengapresiasi kehadiran Bupati dan Forkopimda Kabupaten Sekadau serta jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau.

Ia berharap melalui kegiatan ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Beberapa waktu lalu Desa Merapi juga sudah dicanangkan sebagai kampung KB. Mudah-mudahan kedepan kegiatan ini terus berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat Desa Merapi,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini juga diadakan pengobatan gratis, pemasangan kontrasepsi jangka panjang, sunat massal serta kegiatan lainnya. (Mus)

Comment

Terbaru