UAS Diberi Gelar Kyai Mangku Jagadilaga oleh Keraton Matan Tanjungpura

KalbarOnline, Ketapang – Kerajaan Matan Tanjungpura memberikan gelar ‘Kyai Mangku Jagadilaga’ kepada Ustad Abdul Somad (UAS). Pemberian gelar tersebut disematkan oleh Raja Matan Tanjungpura, Pangeran Ratu Kertanegara di Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura, Sabtu (20/10/2018).

Raja Matan Tanjungpra, Pangeran Ratu Kertanegara, Ir Gusti Kamboja mengatakan bahwa pemberiaan gelar kepada Ustadz Abdul Somad sebagai bentuk apresiasi Kerajaan Matan terhadap kegigihan UAS dalam berdakwah di seluruh nusantara.

“Beliau telah mewakafkan dirinya untuk berdakwa dan menyatukan bangsa Indonesia agar tetap kokoh. Untuk itu kami menganugerahi gelar kebesaran kepada beliau agar tetap di jalan dakwah untuk merawat bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  Safari Jumat, Polsek Delta Pawan Sampaikan Pesan Kamtibmas ke Jamaah Masjid Imam Bonjol

Ia melanjutkan, pemberian gelar dilakukan langsung di Istana Keraton Matan Tanjungpura dengan dihadiri para tokoh masyarakat yang langsung dinobatkan oleh Pangeran Ratu Kertanegara.

Selain pemberian gelar, Kerajaan Matan Tanjungpura juga mengenakan darjah kebesaran kepada UAS. Ia menilai kedatangan UAS di Istana Matan Tanjungpura menjadi momentum kebangkitan umat Islam Ketapang khususnya dan Indonesia umumnya.

Baca Juga :  Kasus Korupsi Dana ADD DD Desa Tanjung Pasar Masuk Tahap Dua

“Kyai Mangku Jagadila yang disematkan kepada Ustad Abdul Somad memiliki makna tokoh terhormat dan mulia sebagai penjaga kedaulatan dan persatuan negara bangsa Indonesia dengan ilmunya,” tukasnya.

Sementara Ustadz Abdul Somad kepada KalbarOnline mengucapkan terima kasihnya kepada Kerajaan Matan Tanjungpura atas gelar yang diberikan kepadanya. Ia juga mendoakan semoga Allah melimpahkan Rahmat-Nya kepada Negeri Matan berserta seluruh kerabat Kesultanan Matan Tanjungpura.

Selain itu, dalam kesempatan itu, Kerabat Kerajaan Matan Tanjungpura juga memberikan cendramata sebuah duplikat manuskrif fiqih arab Melayu tahun 1896 dan Batu Kecubung Ungu. (Adi LC)

Comment