Tindaklanjuti Aksi Siswa Gores Tangan, Ini yang Dilakukan Polres Sekadau

Gelar penyuluhan dan bimbingan rohani di sekolah

KalbarOnline, Sekadau – Guna menindaklanjuti adanya informasi sebanyak 26 siswa siswi salah sebuah SMP di Sekadau yang melakukan aksi gores tangan, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, S.IK menginstruksikan Sat Binmas Polres Sekadau untuk melakukan giat penyuluhan.

Giat penyuluhan digelar di halaman SMP Negeri 1 Sekadau Hilir, Jum’at (19/10/2018) pagi. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa SMP yang mengambil tema ‘bijak menggunakan media sosial’.

Diketahui, motif para siswa tersebut melakukan aksi gores tangan dengan benda tajam hanya karena terobsesi dengan sebuah konten di media sosial.

Mereka melakukan aksi tersebut di luar jam sekolah dan tanpa adanya unsur paksaan dari manapun.

Baca Juga :  Polsek Belitang Hulu Evakuasi Mayat Pria yang Ditemukan Bersama Motor di Dalam Parit

Kasat Binmas Polres Sekadau, Iptu Masdar dengan tegas menyampaikan imbauan kepada para siswa agar lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan teknologi dan bersosial media.

Dijelaskannya, perkembangan teknologi membawa banyak manfaat positif apabila pengguna itu pandai dan bijak dalam menggunakannya. Berbagai pengetahuan bahkan keuntungan finansial bisa didapat dari penggunaan gadget.

Namun sebaliknya penggunaan gadget juga membawa dampak negatif, mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku remaja apabila tidak digunakan dengan bijak.

Korbannya adalah remaja itu sendiri, karena remaja saat ini masih labil dan mudah percaya dengan konten negatif dan juga konten hoax.

“Membuat remaja tidak konsen terhadap pelajaran sekolah, dijadikan ajang yang dianggap kesenangan dengan aksi-aksi negatif contohnya seperti menggores tangan ini, yang sama sekali tidak membawa manfaat,” ucap Iptu Masdar kepada para siswa.

Baca Juga :  Catat Tanggalnya! Disporapar Sekadau Bakal Gelar Lomba Olahraga Tradisional

Untuk itu ia mengimbau dengan tegas agar para remaja usia sekolah menengah di Kabupaten Sekadau selalu bijak menggunakan sosial media, memilah dan memilih konten positif dan ilmu yang bermanfaat melalui kecanggihan teknologi.

Usai penyuluhan bijak bersosial media, Polres Sekadau juga memberikan siraman rohani yang disampaikan oleh Kasubag Humas AKP Haerul Saleh.

Bimbingan rohani bertujuan sebagai pembinaan mental bagi para siswa dan sugesti positif dalam pola pikir dan perilaku siswa SMP baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Polres Sekadau rencananya juga akan melaksanakan giat penyuluhan di sekolah-sekolah menengah lainnya di Kabupaten Sekadau, sebagai langkah preventif dan mengantisipasi agar aksi negatif tersebut tidak terulang. (*/Mus)

Comment