Gubernur Sutarmidji Ingatkan Petugas Haji Agar Aktif Layani JCH

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengingatkan kepada petugas haji agar lebih aktif memberikan pelayanan kepada Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan menjalankan rukun Islam kelima di Tanah Suci baik saat berangkat maupun berada di Tanah Suci.

“Petugas Haji harus peka dengan JCH dan berikan masukan tentang tata cara ibadah saat berada di Tanah Suci,” kata Sutarmidji saat membuka rakor dan evaluasi penyelenggaraan ibadah haji daerah di Hotel Borneo, Kamis (18/10/2018).

Sutarmidji juga meminta kepada petugas haji untuk memberikan pemahaman kepada JCH yang akan melaksanakan ibadah haji untuk tidak direpotkan dengan barang bawaan yang melebihi aturan.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Komitmen Tekan Angka Stunting

“Ditanah Suci, segala keperluan kite ada, jangan kita direpotkan dengan barang bawaan saat ibadah haji,” jelasnya.

Kondisi ini, kata dia, akan merepotkan petugas dan JCH saat melayaninya menuju tanah suci.

Disamping itu, Gubernur Kalbar juga meminta Kanwil Kemenag Kalbar untuk dapat menata ulang asrama haji agar dapat memberikan kenyamanan bagi JCH saat transit dan berada di asrama haji Pontianak.

“Kalau bisa, asrama haji dibangun didekat Bandara Internasional Supadio, supaya JCH lebih leluasa dan koordinasi petugas haji dengan pihak bandara lebih gampang,” katanya.

Orang nomor satu di Kalbar ini juga mengungkapkan bahwa tahun depan, landasan pacu pesawat Bandara Internasional Supadio akan diperpanjang, sehingga nantinya pesawat berbodi besar dapat mendarat dan melayani penerbangan Haji dari Pontianak menuju Tanah Suci.

Baca Juga :  Ngaku Polisi, Tujuh Perampok Mobil Box Logistik PT ASA Ditangkap

Mantan Wali Kota Pontianak ini juga berharap bahwa rakor dan evaluasi penyelenggaraan ibadah haji benar-benar dievaluasi dan berupaya menjadi yang terbaik.

“Hal-hal kecil apapun yang menyangkut penyelenggaraan ibadah haji harus menjadi perhatian kita semua,” pintanya.

Target-target pelanggaran/masalah-masalah yang timbul, penyelenggaraan haji harus rutin mensosialisasikan kepada JCH agar dapat mematuhi aturan berangkat haji.

“Item-item barang yang tak perlu dibawa,  harus dituruti oleh JCH,” tandasnya. (*/Fai)

Comment