by

Melalui Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Sutarmidji Optimis Kalbar Bakal Jadi Tempat Menarik Dikunjungi

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji optimis pertumbuhan sektor perhotelan di Kalbar, khususnya di Kota Pontianak meningkat.

“Saya optimis dengan pendapatan pajak hotel yang terus meningkat,” ucap Sutarmidji, saat menghadiri grand opening Hotel Ibis Pontianak City Center yang berlangsung di Ballroom Ibis Hotel Pontianak, Rabu pagi (17/10/2018).

Sutarmidji mengatakan bahwa pihaknya selalu berupaya menjadikan kawasan seantero Kalbar menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

“Saya mengajak seluruh Pemerintah Daerah tingkat II agar tidak berharap banyak dengan SDA yang kita miliki, tapi SDA itu bagaimana kita mendapatkan manfaatnya dari jasa yang kita berikan, yang kita bangun,” ujarnya.

Misalnya, dicontohkan Bang Midji (sapaan akrab Sutarmidji), selama ini banyak pihak yang menilai tata kelola pemerintahan yang baik bukan objek wisata, tapi nyatanya kata dia, saat ini di Pontianak hal itulah yang jadi objek wisata.

“Saya waktu Wali Kota kan itu yang saya bangun, sehingga Pontianak saat ini setiap tahunnya ada ratusan daerah tingkat II yang datang untuk menimba ilmu disini,” tukasnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kalbar dan Pangdam XII/Tanjungpura yang sudah menjaga Kalbar tetap aman dan kondusif.

“Aman ini modal dasar kita juga untuk mengajak orang luar mengunjungi Kalbar. Karena budaya Kalbar ini sangat beragam dan tidak ada bulan yang tidak ada even besar. Makanya kadang susah juga menjaga inflasi, tapi kita bisa lakukan itu. Nah ketika orang bilang tak mungkin inflasi dikendalikan dibawah 4 persen dan ketika kita bisa kendalikan, maka orang daerah lain akan belajar dan tentunya mengunjungi Kalbar,” tukasnya.

Hal inilah, kata Sutarmidji, yang menjadikan Kalbar khususnya Pontianak daerah yang unik.

“Sehingga penerbangan terus bertambah dan berkembang. Pertumbuhan penerbangan itu idealnya 11 persen keatas kalau sudah 15 persen itu sudah luar biasa dan akan kita jadikan 15 persen. Runway juga sudah mulai dikerjakan untuk ditambah menjadi 3.000 meter dari sebelumnya 2.250 meter, kalau sudah demikian maka pesawat berbadan lebar bisa mendarat disini tentu akan membuat Kalbar menjadi tempat tujuan wisata,” tukasnya.

Orang nomor satu di Bumi Tanjungpura ini juga menginginkan di Kalbar memiliki sebanyak-banyaknya kamar hotel bintang tiga.

“Kita harus punya diatas 5.000 kamar hotel bintang tiga karena sekarang belum sampai,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berpesan agar manajemen Ibis dapat meningkatkan pelayanan melalui inovasi-inovasi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu.

“Lokasi Hotel Ibis inikan sangat strategis, berikan pelayanan terbaik bagi tamu hotel,” pesannya.

Sementara Dirut Hotel Ibis, Dedy Hadianda mengucap syukur, Gubernur Kalbar berkenan hadir dalam grand opening Hotel Ibis Pontianak City Center ini.

“Pembangunan Hotel Ibis sudah direncanakan sejak tahun 2013 dan Maret 2014 pemancangan tiang pertama pembangunan dan dimulai Mei 2016. Tanggal 8 Agustus lalu kita soft opening dan hari ini grand openingnya,” kata Dedy.

Pihak Hotel, kata dia, juga mengucap terima kasih kepada Pemprov Kalbar dan Pemkot Pontianak yang telah memberikan kemudahan dalam perizinan sehingga pembangunan Hotel Ibis dapat terwujud.

“Hotel Ibis adalah hotel bintang 3 bertaraf internasional,” jelasnya.

Pesatnya pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak yang cukup baik sehingga mengundang banyak tamu yang datang ke Kota Pontianak, maka Hotel Ibis menjadi pilihan para tamu untuk menginap di Kota Pontianak.

“Hotel Ibis juga menyerap tenaga kerja lokal dan memberikan kontribusi PAD bagi Kota Pontianak,” pungkasnya.

Selain menghadiri grand opening, Gubernur Sutarmidji juga didapuk untuk meresmikan Ibis Pontianak City Center yang ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian.

Turut hadir Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, perwakilan Pangdam XII/Tanjungpura dan unsur Forkopimda Kalbar serta para tamu undangan lainnya. (Fat)

Comment

News Feed