by

Kunker ke Temajuk, Kapolda Kalbar ke Personel Perbatasan: Jaga Gerbang Indonesia Dengan Baik

KalbarOnline, Sambas – Polres Sambas merupakan satu dari 5 Polres di Kalbar yang memiliki wilayah perbatasan negara antara Indonesia dan Malaysia. Selain itu hanya Kabupaten Sambas yang memiliki batas darat maupun laut dengan Malaysia yang empat wilayah lainnya hanya memiliki batas daratan.

Belum lama ini Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono kembali mengunjungi batas negara di Temajuk Sambas, kali ini kunjungan orang nomor satu di jajaran Polda Kalbar itu dengan jalur lintas darat, Selasa (16/10/2018).

Beberapa bulan lalu, Kapolda bersama Gubernur Kalbar dan Pangdam XII/Tpr telah berkunjung ke Temajuk ini dengan menggunakan Helikopter.

“Sengaja kali ini kita datang melalui jalur darat, untuk menemui dan melihat kondisi rill keadaan terkini di sepanjang pelintasan menuju Pos Temajuk. Sehingga diketahui persis apa yang dirasakan dan apa yang dibutuhkan personel di lapangan dalam menjaga keamanan di perbatasan negara ini,” ungkap Kapolda.

Dihadapan personel TNI dan Polri yang bertugas di perbatasan Temajuk ini, yakni personel dari Satgas Pamtas Republik Pos Temajuk – Yonif 511/DY Badak Hitam dan personel Pangkalan Pos TNI Angkatan Laut Temajuk serta personel Polsubsektor Temajuk ini, Jenderal bintang dua ini merasa bangga terhadap mereka, lantaran selalu memonitor langsung situasi keamanan dan sinergitas antara petugas di perbatasan dan sampai saat ini Kalbar merasakan situasi yang sangat aman dan kondusif.

“Sebagai salah satu unsur pimpinan di tingkat Provinsi, saya menyampaikan pesan-pesan dari Gubernur maupun Pangdam XII/Tpr untuk mengakomodir apa yang dikeluhkan atau kesulitan di perbatasan ini. Saya paham betul menjaga perbatasan ini sangat sulit, namun harus tetap siap, sigap, sabar dan bertanggungjawab dalam pengabdian tugas negara. Jalin terus sinergitas yang baik bersama semua unsur yang ada di perbatasan,” pesan Kapolda memotivasi petugas.

Dalam kesempatan ini pula, Kapolda Kalbar berkesempatan langsung berdialog bersama personel TNI-Polri di batas Temajuk ini. Banyak hal yang disampaikan baik mengenai kekuatan personel, sarana komunikasi maupun sarana transportasi darat dan air yang ada saat ini.

“Silahkan saling berkolaborasi antara personel TNI-Polri di perbatasan ini. Gerbang utama negara berada di perbatasan, kita jaga dengan baik,” pintanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh anggota dan prajurit di perbatasan agar melakukan pemeriksaan terhadap lalu lintas orang dan barang di batas negara ini, lakukan pengawasan jangan sampai barang illegal dan narkoba masuk melalui jalur perbatasan Negara.

“Kita sadar walaupun nanti ada godaan dari pelaku illegal yang ingin memanfaatkan celah di perbatasan ini, namun kita semua tidak dapat dibeli, kita berkomitmen untuk menjaga pintu gerbang bangsa Indonesia ini dengan baik,” tegasnya.

Kapolda juga menegaskan prinsipnya untuk tak main-main menindak kejahatan apapun di wilayahnya tanpa tebang pilih. Sebab, mantan Wakapolda Kepulauan Riau itu berkomitmen Polda Kalbar Zero Illegal dan Zero Tolerance.

“Ini tentunya demi untuk kebaikan bersama dan memastikan bahwa segala sesuatu harus sesuai prosedur yang berlaku,” tutupnya. Sebagai informasi, dalam kunjungan ini nampak hadir Kepala BNNP Kalbar, Direktur Intelijen Polda Kalbar, Direktur Narkoba Polda Kalbar, Kapolres Sambas dan Pejabat Polres Sambas. (*/ian)

Comment

News Feed