Satlantas Polres Sekadau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas ke Pelajar SMA

Kasat Lantas Polres Sekadau, AKP Laelan Sukur saat menjadi pembina upacara di SMA Keling Kumang
Kasat Lantas Polres Sekadau, AKP Laelan Sukur saat menjadi pembina upacara di SMA Keling Kumang (Foto: Polres Sekadau)

Minimalisir kecelakaan dan bekali etika lalu lintas kepada pelajar

KalbarOnline, Sekadau – Meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di Sekadau akhir-akhir ini menjadi atensi Polres Sekadau.

Upaya yang dilakukan Polres Sekadau dalam hal ini Satuan Lalu Lintas untuk menekan angka laka lantas diantaranya upaya preemtif dengan melakukan patroli, mendata jalan yang rusak dan berlubang, serta koordinasi dengan instansi terkait.

Yang terakhir upaya preventif dengan memberikan imbauan dan sosialisasi ke masyarakat dan para pelajar tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

Sosialisasi atau penyuluhan ketertiban lalu lintas dan angkutan jalan juga dilaksanakan langsung oleh Kasat Lantas Polres Sekadau, AKP Laelan Sukur, saat menjadi pembina upacara di SMA Keling Kumang, Senin (15/10/2018) pagi.

Kepada seluruh siswa serta dewan guru yang mengikuti upacara, Kasat Lantas menjelaskan beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.

Diantaranya faktor manusia (human error), faktor kendaraan, faktor jalan, faktor alam/cuaca, serta faktor teknologi yakni penggunaan ponsel saat berkendara. Selain itu, tindakan pelanggaran juga menjadi salah satu pemicu kecelakaan.

Rambu-rambu yang bersifat peringatan, bersifat larangan, rambu perintah dan rambu petunjuk juga sudah dipasang sebagai acuan yang harus diindahkan pengemudi dalam berkendara.

“Dari penjelasan tersebut diharapkan adik-adik pelajar SMK Keling Kumang Sekadau mengemudi dengan beretika dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan lebih baik tidak membawa kendaraan jika belum memiliki SIM,” imbau Kasat Lantas menutup sosialisasi.

Di waktu yang sama, sosialisasi serupa juga disampaikan KBO Sat Lantas Polres Sekadau Ipda Arisman dengan menjadi pembina upacara di SMAN Sekadau Hilir.

Upaya sosialisasi ini bertujuan untuk menekan dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas khususnya terhadap para pelajar sekolah.

Selain itu juga membekali para pelajar di Kabupaten Sekadau dengan pengetahuan etika berlalu lintas sehingga diharapkan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di masyarakat. (*/Mus)

Tinggalkan Komentar