Tak Pungut Retribusi Parkir Jalur Hijau RSUD Soedarso, Ini Penjelasan Dishub Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi menegaskan bahwa pihaknya sedari awal memang tidak bersedia memungut retribusi parkir di jalur hijau depan RSUD Soedarso Pontianak.

Baca: RSUD Soedarso Pontianak Diduga Kuat Pungut Setoran Parkir di Jalur Hijau

Baca: Pemkot Pontianak Lanjutkan Penertiban Kawasan RSUD Soedarso

“Karena kita sudah mengetahui bahwa ini merupakan fasilitas umum, jalur hijau yang akan dibangun jalan makanya kita tidak mau mengambil retribusi,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media di lokasi penertiban, Selasa (9/10/2018).

Baca Juga :  Pontianak Dapat Pelatihan Adaptasi dan Mitigasi Bencana dari GCoM

Selain itu, Utin juga mengakui bahwa pihaknya juga mendengar ada surat perjanjian dari pihak parkir dengan RSUD Soedarso.

“Tapi pada intinya karena itu fasum, tidak boleh. Kecuali karena memang ada fasum tertentu seperti jalan Diponegoro itukan di tepi jalan umum, itu masih diberikan toleransi sementara, kalau ini (Soedarso) memang kita tidak terima setoran apapun dari awal sebelum dan sampai saya menjabat,” tukasnya.

Utin juga membantah pihaknya membiarkan pelanggaran yang dilakukan pihak RSUD Soedarso dengan membiarkan para pengelola parkir beraktivitas di lokasi tersebut.

Baca Juga :  Agar Tak Menimbulkan Permasalahan Baru Terkait Pembangunan Jembatan Bansir, Ini Siasat Dishub Pontianak

“Kita tidak membiarkan, katanya kan ada kerjasama pihak parkir dengan RSUD Soedarso. Sekarang kan jelas jalan mau dibangun, jadi kita tugasnya mengamankan fasum saja. Saya juga baru dua hari lalu terima suratnya. Intinya kalau fasum tanpa ada izin pemerintah dalam hal ini Kepala Daerah melalui dinas terkait, itu ilegal. Tapi kan itu perjanjian antara pihak Soedarso dengan pengelola parkir dan perjanjiannya sudah selesai. Itu bukan ranah kami, yang jelas kami hanya mengamankan karena akan dibangun jalan, kendaraan tidak boleh parkir disitu, kapasitas kami hanya mengamankan,” tandasnya. (Fat)

Comment