Buka Diskusi Politik Kesbangpol Sintang, Bupati Jarot: Kita Ingin Pemilu yang Substansial

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan koordinasi forum-forum diskusi politik yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang. Kegiatan yang turut dihadiri jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD, Pimpinan Partai Politik, masyarakat sipil, berlangsung di Pendopo Bupati Sintang, Senin (8/10/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan apresiasi dan menyambut positif kegiatan forum diskusi politik ini karena untuk melihat pemilu yang substansial.

“Kita ingin lihat relasi antara politik dengan pemilu yang substansial, pemilu substansial tersebut adalah pemilu yang memiliki dimensi transdenmental sehingga betul betul ‘vox populi, vox dei, suara rakyat adalah suara Tuhan yang dimana suara hak politik rakyat jadi terjaga, berdirinya pemimpin yang bisa bermartabat bermoral tinggi dan mau membangun negara kita,” kata Bupati Jarot.

Baca Juga :  Bupati Sintang Resmikan Pustu Gandis Hulu

Menurutnya bahwa di seluruh negara di dunia ini mengkualifikasi Pemilu dalam bentuk angka, termasuk di Indonesia, hal tersebut di sebut juga Indeks Demokrasi Indonesia.

“Jadi didalam itu ada berbagai variabel untuk mengetahui tingkatan demokrasi di Indonesia yakni untuk kategori baik itu nilainya lebih dari 80, kemudian kategori sedang itu 60-80 dan kategori buruk termasuk dibawah 60 nilainya,” ungkapnya.

Lanjut Bupati Jarot, Indeks Demokrasi Indonesia merupakan salah satu indikator penunjukan tingkatan perkembangan demokrasi di Indonesia.

“Hak kebebasan berpendapat, hak-hak politik dan lembaga demokrasi, dengan tiga indikator tersebut dapat melihat capaian pelaksanaan dan perkembangan demokrasi di Indonesia,” sambungnya.

Saat diwawancarai, Bupati Jarot menambahkan bahwa kegiatan forum diskusi politik ini juga sangat baik dilaksanakan untuk memberikan pemahaman berdemokrasi yang baik.

Baca Juga :  Wisatawan Mancanegara Akan Kunjungi Kabupaten Sintang

“Seminar ini menarik ya tentunya, karena narasumbernya juga dari Kemendagri, yang dimana nantinya akan memaparkan nilai-nilai dasar demokrasi untuk menuju Pemilu serentak 2019 yang berintegritas, bermartabat dan damai, ya saya yakin kegiatan ini sangat baik adanya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang, Budiharto mengatakan bahwa kegiatan koordinasi forum-forum diskusi politik ini diselenggarakan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat tentang demokrasi.

“Kita berikan pemahaman kepada seluruh elemen bangsa di Kabupaten Sintang mengenai pentingnya mewujudkan nilai-nilai demokrasi dalam upaya meningkatkan partisipasi politik guna mensukseskan agenda nasional penyelenggaraan Pemilu serentak 2019,” kata Budiharto.

Menurut Budiharto selain untuk memberikan pentingnya berdemokrasi, juga kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi dalam kegiatan politik. “Untuk menumbuhkembangkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pada pesta demokrasi Pilpres dan Pemilu Legislatif tahun 2019,” pungkasnya. (*/Sg)

Comment