3 Kabupaten Akan Berkompetisi di Ajang Gala Desa Kubu Raya

Sukseskan program nasional ‘Ayo Olahraga’

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan menggelar program Gala Desa Kubu Raya 2018. Program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam Gerakan Nasional ‘Ayo Olahraga’ ini, menurut rencananya akan dilaksanakan di Desa Radak 1, Kecamatan Terentang, mulai 28 Oktober-3 November 2018.

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menyambut baik ditetapkannya Kabupaten Kubu Raya bersama Bengkayang dan Ketapang sebagai pelaksana program Gala Desa di Kalbar. Dirinya mengapresiasi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya yang telah menginisiasi, sehingga program tersebut dapat terlaksana di Kubu Raya. Menurut Hermanus, program Gala Desa memiliki sejumlah tujuan positif.

“Selain mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar, Gala Desa juga menjadi sarana menjalin persaudaraan dan menumbuhkembangkan karakter yang baik. Dan tentunya bagaimana ini menjadi ajang yang bisa menggali potensi dan bibit olahragawan yang potensial di Kubu Raya,” ujarnya, Rabu (3/10/2018).

Baca Juga :  BNNK Kubu Raya Ajak Gandeng Jurnalis Wujudkan Kota Tanggap Ancaman Narkoba

Hermanus menyebut Kubu Raya telah beberapa kali menghasilkan insan muda berprestasi. Termasuk dari kalangan olahragawan. Karena itu, ia menilai Pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak keliru dalam menunjuk Kubu Raya sebagai pelaksana program Gala Desa di Kalbar bersama Kabupaten Bengkayang dan Ketapang.

“Karena ini merupakan sebuah program dari Kementerian yang dipercayakan kepada kita, tentu menjadi tugas dan komitmen kita bersama untuk dapat menyukseskannya,” ucapnya mengingatkan.

Terkait upaya menyukseskan program Gala Desa, Hermanus meminta seluruh aparatur Kecamatan hingga Kepala Desa agar aktif mensosialisasikan program tersebut ke masyarakat.

Selain itu dirinya mengingatkan panitia pelaksana untuk nantinya menyiapkan pelaporan yang baik sebagai bentuk pertanggungjawaban dan akuntabilitas atas program yang telah dipercayakan pemerintah pusat kepada Pemkab Kubu Raya.

Baca Juga :  Inginkan Perubahan, Masyarakat Mekar Sari: Kami Solid Menangkan Midji – Norsan

“Terutama para Kepala Desa untuk dapat mengirim para atlet di cabang-cabang yang akan dipertandingkan. Perangkat Desa juga harus mensosialisasikan agar masyarakat bisa meramaikan kegiatan,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina, mengatakan di Kalimantan Barat hanya ada tiga Kabupaten yang mendapatkan program tersebut, yakni Kabupaten Kubu Raya, Bengkayang, dan Ketapang.

Menurut Cicilia, selain bertujuan memasyarakatkan olahraga, Gala Desa bertujuan mendapatkan bibit-bibit unggulan atlet olahraga dari desa.

“Beberapa bulan lalu kita berhasil mendapatkan program ini. Presiden menekankan untuk mencari bibit unggul atlet olahraga yang berasal dari desa,” kata Cicilia.

Cicilia menuturkan Gala Desa akan digelar serentak di 34 provinsi, tepatnya di 816 Desa/Kelurahan. Yang dipertandingkan adalah cabang-cabang olahraga potensial di Desa/Kelurahan setempat. Gala Desa, akan diikuti seluruh lapisan masyarakat di Desa/Kelurahan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum. “Untuk Gala Desa di Kabupaten Kubu Raya, akan dipertandingkan empat cabang olahraga yakni sepakbola, voli, atletik dan tenis meja,” tandasnya. (ian)

Comment