Resmikan Rumah Seni Domang Rurong Penjernang Hulu, Bupati Jarot: Jaga Adat Istiadat

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan rumah seni Domang Rurong Desa Penjernang Hulu, Kecamatan Sungai Tebelian, Sintang, Sabtu (29/9/18). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Markus Jamari, unsur Forkopimcam Sungai Tebelian, Kades Penjernang Hulu, masyarakat Desa Penjernang Hulu dan unsur terkait lainnya.

Bupati Jarot mengatakan keberadaan rumah seni Domang Rurong Desa Penjernang Hulu ini merupakan sesuatu yang sangat baik dan patut menjadi contoh desa-desa lain baik di Kecamatan Sungai Tebelian maupun desa-desa lain di Kabupaten Sintang terlebih kegiatan ini merupakan kali kedua dirinya meresmikan baik itu rumah betang maupun rumah kesenian di Kecamatan Sungai Tebelian ini.

“Bulan lalu saya meresmikan rumah betang di Desa Nobal, hari ini saya liat bangunan ini sama baiknya, cukup indah banguan rumah seni ini untuk itu kita selaku pemerintah daerah memberikan apresiasi atas upaya pembangunan rumah seni ini,” kata Bupati Jarot.

Baca Juga :  Apresiasi Pameran Manik Borneo 2017, Ini Harapan Wabup Askiman

Untuk itu jarot berharap keberadaan rumah seni Domang Rurong ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Penjernang Hulu guna untuk menjaga kearifan lokal yang ada seperti adat istiadat, seni budaya dan bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat lain sehingga ini akan jadi ruang publik baru di Desa Penjernang Hulu.

“Orang tua kita meninggalkan atau mewariskan kepada kita adat istiadat seni budaya yang luar biasa untuk itu kita harus jaga dan dilestarikan, sehinga inilah pentingnya keberadaan rumah seni ini kita perlukan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Rumah Ibadahnya Direnovasi Jadi Rumah Tinggal, Ini Reaksi Jemaat Ahmadiyah Sintang

Sementara itu Kepala Desa Penjernang Hulu, Boniyanto menjelaskan bahwa pembangunan rumah seni Domang Rurong ini dianggarakan selama tiga tahun anggaran dana desa yakni sejak 2016 lalu dan untuk penyelesaian pembangunannya anggaran dana desa tahun 2018 dan juga ada bantuan dari Pemda Sintang sehingga total anggaran secara keseluruahan mencapai Rp450 juta dengan ukuran bangunan 20×6 meter dengan dua lantai.

“Fungsinya nanti yang di lantai bawah kita gunakan untuk kantor desa dan yang lantai atas yakni aula kita gunakan untuk ruang publiklah entah itu pertemuan-pertemuan, kegiatan adat seni budaya, bahkan bisa untuk acara resepsi pernikahan dan lain sebagainya,” jelas Boni.

Kegiatan peresmian rumah seni Domang Rurong Desa Penjernang Hulu tersebut juga dirangkaikan dengan pertunjukan seni tari dan pertunjukan lainnya oleh sanggar adat yang ada di Desa Penjernang Hulu. (*/Sg)

Comment