Komitmen Sukseskan Pemilu Berkualitas, KPU Sekadau Launching Posko Layanan Perlindungan Hak Pilih

Deklarasi Gerakan Melindungi Hak Pilih

KalbarOnline, Sekadau – Bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau menggelar deklarasi gerakan melindungi hak pilih (GMHP) sekaligus melaunching posko layanan pemilih GMHP, di Kantor KPU Sekadau, Senin (1/10/2018).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban, S.Pd mengatakan bahwa deklarasi gerakan melindungi hak pilih (GMHP) dan launching posko layanan pemilih GMHP KPU ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan komitmen semua pihak dalam mensukseskan pemilu 2019 serta penandatangan ini tercatat di KPU dan tercatat dalam sejarah negara.

“Kegiatan ini juga bertepatan pada 1 Oktober 2018 yaitu hari Kesaktian Pancasila dimana ini merupakan semangat kita memastikan pemilu 2019 yang berkualitas. Dengan semangat Pancasila dengan warna-warni bangsa Indonesia harus mampu menjadikan pemilu yang berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga :  Bawaslu Sekadau Dalami Kasus Money Politik di Serangsa Gonis Tekam

Data pemilihan, kata dia, merupakan jantung terpenting dalam memastikan partisipasi masyarakat dalam menentukan pemimpin lima tahun mendatang.

“Dengan keterbatasan kita tetap bersemangat memastikan pemilu berkualitas dan menjadikan kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting. Gerakan melindungi hak pilih (GMHP) menjadi sangat penting Karena ini pondasi menciptakan pemilu yang kualitas pada pemilu 2019, karenanya kehadiran bapak ibu merupakan komitmen bersama,” tukasnya.

Agenda gerakan melindungi hak pilih (GMHP) ini, pihaknya juga akan membersihkan data pemilih, mendata pemilih baru untuk diberikan kesempatan untuk dimasukan dalam DPT, keterlibatan pemda, pihak keamanan dan keterlibatan semua pihak menjadi sangat penting.

“Kami diberi mandat oleh KPU RI untuk membuka layanan GMHP, jadi silahkan apabila ada masyarakat yang belum terdata dalam DPT dapat melapor ke PPS, PPK atau ke KPU. Ini penting karena kita masih ada waktu enam bulan sebelum pemungutan suara. Kita berkomitmen menciptakan daftar pemilih bersih dan mensosialisasikan kepada masyarakat,” tukasnya.

Baca Juga :  Dewan Sekadau Teguh Arif Hardianto Tutup Usia: Sempat Ngantor dan Rapat

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembacaan deklarasi bersama Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih yang dibacakan bersama-bersama oleh Komisioner KPU Sekadau dan diikuti oleh seluruh peserta kegiatan. Juga penandatangan deklarasi bersama Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih oleh Forkopimda Sekadau, Partai Politik dan perwakilan DPD.

Peresmian posko gerakan melindungi hak pilih (GMHP) dilakukan langsung oleh Ketua KPU Sekadau didampingi Komisioner KPU Sekadau yang ditandai dengan pemotongan pita peresmian.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban, S.Pd dan jajaran Komisioner KPU Sekadau, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, SIK, Danramil Sekadau Hilir, Kapten Inf Indra F Chaniago, Komisioner Bawaslu Sekadau, Al Aminuddin, SH dan Tiodorus Sutet, S.Sos, sejumlah OPD Sekadau dan perwakilan parpol peserta pemilu, LO DPD serta PPK se-Kabupaten Sekadau. (Mus)

Comment