Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Sintang 2018, Ini Kata Bupati Jarot

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri acara pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Sintang 2018 di Aula SMKN 1 Sintang, Sabtu (29/9/2018).

“Saya bangga dengan PSHT ini karna dalam jumlah keanggotaannya yang mencapai ribuan orang telah menunjukkan organisasi ini merangkul semua elemen masyarakat tanpa membedakan ras, suku dan agama. Saya juga senang sekali karena yang dalam persaudaraan ini yang di-olahraganya, yang dilatih adalah jiwanya, mental sehingga menjadikan para warganya memiliki budi yang luhur,” tutur Bupati Jarot.

Bupati Jarot mengingatkan bahwa PSHT merupakan suatu modal sosial yang besar di Sintang. Beliau menyarankan kepada pengurus PSHT Sintang untuk mulai memikirkan aspek pemberdayaan bidang ekonomi dikalangan warga PSHT.

Baca Juga :  Hadiri Rakor Istimewa Kecamatan Kayan Hilir, Ini yang Disampaikan Wabup Askiman

“Ya, mbok PSHT yang besar ini, juga menjadi gerakan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu. Sehingga badannya sehat, jiwanya luhur, ekonomi kuat sehingga nanti prestasinya semakin jaya,” tukasnya.

Dalam aspek olahraga, Bupati SIntang menyampaikan harapannya agar para altet pencak silat dari PSHT Sintang dapat menyumbangkan emas di pecan olah raga provinsi bulan Oktober mendatang.

“Saya harapkan dua emas ya dari PSHT,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Jarot menerima baju dan sabuk dari Ketua Umum PSHT, M. Taufik. Pemberian seragam ini karena PSHT menganugerahkan ‘warga kehormatan’ kepada Bupati Sintang.

Ketua panitia, Imam Hadi Mulyono mengatakan bahwa PSHT saat ini memiliki ribuan anggota yang lebih dikenal dengan istilah warga. Sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan, PSHT turut serta menggembleng anak muda melalui latihan pencak silat.

Baca Juga :  Buka Kuliah Umum KAHMI Sintang, Bupati Jarot Paparkan Wacana Pembangunan Waterfront City

“Seperti pada malam ini kita juga menyerahkan piagam penghargaan kepada beberapa atlit pencak silat kita yang ikut berlaga di kejuaraan tingkat Sintang dan di provinsi. Warga baru yang kita sahkan bersama lewat acara ini, jumlahnya 247 orang,” ungkapnya.

Para warga tersebut, berasal dari berbagai unsur masyarakat ada pelajar, umum, ASN dan TNI. PSHT cabang Sintang juga tersebar di beberapa ranting di beberapa kecamatan. Pada kesempatan ini, warga baru yang termuda berusia 16 tahun dan yang tertua 54 tahun.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Umum Persaudaran Satu Hati Terate, Dr. Ir. Muhammad taufik, SH., M.Sc, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Dr. Hendrika, Komandan Kodim 1205 Sintang, Letkol Inf Rachmad Basuki serta beberapa perwakilan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Sintang. (*/Sg)

Comment