Buka Pagelaran Budaya Reog Ponorogo, Bupati Jarot: Jalin Kesatuan dan Persatuan di Bumi Senentang

KalbarOnline, Sintang – Dalam rangka menyongsong Grebek Suro tahun baru Hijriah 1440 dan peringatan HUT ABRI ke-73 disemarakan dengan Gelar Budaya Reog Ponorogo yang berlangsung di lapangan Kodim 1205 Sintang. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, Sabtu (29/9/2018).

Pada Gelar Budaya Reog Ponorogo ini juga menampilkan berbagai atraksi budaya multi etnis seperti kesenian tari Dayak, Melayu, kesenian Tiong Hoa termasuk Kesenian tari Jawa dengan penari dari kalangan para pelajar sangat memukau para pengunjung yang hadir.

Dalam sambutannya, Bupati Jarot Winarno menyatakan bahwa Kabupaten Sintang merupakan tempat segala budaya yang ada di Nusantara ini.

“Budaya Melayu, Dayak, Jawa ada, budaya dari NTT ada, budaya Minang, Tiong Hua, Batak, ini semuanya berbaur di Bumi Senentang ini, sehingga muncul-lah budaya Sintang, seperti Reog dari Ponorogo masuk Sintang, jadi Reog Sintang, karena dimana bumi di pijak, disitu langit dijunjung dan hari ini kita buktikan kita bersatu melalui wadah budaya,” ujarnya.

Baca Juga :  Wabup Askiman Hadiri Perayaan Natal Oikumene Bersama Ribuan Umat Kristiani Sintang

“Mari gelar budaya ini dijadikan sebagai kompetisi memajukan budaya kita di Sintang, dalam rangka menyambut Grebek Suro 1440 hijriah dalam rangka menjalin kesatuan dan persatuan di bumi yang kita cintai ini,” sambungnya.

Bupati Jarot juga menjelaskan, kegiatan ini juga dikaitkan dengan peringatan HUT ABRI ke-73.

“Sungai Melawi bersaka tiga dari dulu depannya istana Bupati, ABRI dan rakyat selalu bersama, tidak membedakan suku apalagi agama. Anak putri memakai kebaya sambil duduk menghadap ke pintu apalah arti kata Merdeka, jikalau kita tidak bersatu,” tukasnya.

Baca Juga :  Hari Jadi ke-656 Kota Sintang, Via Vallen Hipnotis Ribuan Masyarakat Sintang

Sementera Ketua panitia penyelenggara Grebeg Suro, Imam Asrori menyatakan bahwa kegiatan Gelar Budaya dan Peringatan HUT ABRI ini selain menampilkan berbagi kesenian multi etnis juga dilaksanakan pasar murah yang menjual sembako.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan semua pihak seperti Perum Bulog, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Puspawaja Kabupaten Sintang, termasuk Grub Reog Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Turut hadir Anggota DPR-RI, H. Sukiman, Komandan Kodim 1205 Sintang, Letkol Infanteri Rahmad Basuki, Ketua Puspawaja Kabupaten Sintang, H. Sumarno, pejabat Forkopimda, Swasta, tokoh masyarakat Melayu, Dayak, Jawa serta etnis lain dan para undangan. (*/Sg)

Comment