Lantik 27 Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentah Sintang 2018, Ini Pesan Bupati Jarot

KalbarOnline, Sintang – Sebanyak 27 Kepala Desa terpilih dari 13 Kecamatan di Kabupaten Sintang hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dihelat 25 Juli 2018 lalu resmi dilantik Bupati Sintang, Jarot Winarno yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Sintang, Rabu (26/9/18) pagi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, unsur OPD Kabupaten Sintang, Camat se-Kabupaten Sintang dan unsur terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jarot mengatakan dalam rangka penyelenggaraan otonomi desa sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa, maka desa memiliki kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakat sekitarnya.

“Untuk itu saya berpesan kepada para Kades terpilih ini harus memahami tugas, fungsi dan wewenangnya dimana salah satu titik beratnya yakni mereka harus mampu menjalankan tugas penyelenggaraan pemerintahan desa bagaimana dia mampu menyusun APBDdesa, bagaimana dia mampu membina kewilayahan termasuk Kepala Dusun dan BPDnya,” pesannya.

Baca Juga :  Sekda Pastikan MTQ XXIII Sintang Siap Digelar

Bupati Jarot juga menjelaskan bahwa para Kepala Desa juga harus mampu memahami tugas dalam hal kemasyarakatan yakni dimana sebagai pimpinan desa harus bisa melibatkan masyarakat dalam setiap keputusan untuk membangun desanya baik sejak tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan juga tugas-tugas lainnya sebagai pimpinan di desa.

“Nomor satu yang paling penting adalah mereka harus berkoodinasi dengan BPD sebagai mitra utama desa, karena sering terjadi masalah di desa kalau BPD dan Kepala Desanya tidak kompak, yang selanjutnya juga harus mampu berkoordinasi dengan para pihak yang membantu membangun desanya seperti pendamping lokal desa, pendamping desa, konsultan pendamping desa dan juga harus sering-sering koordinasi dengan kecamatan,” pintanya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Selalong Ingatkan Kades dan Perangkatnya Jaga Netralitas di Pilgub Kalbar

Dalam menghadapi pemilu umum baik legislatif maupun Presiden 2019 mendatang, Jarot berpesan kepada Kepala Desa terpilih harus mampu bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon baik itu legislatif maupun Presiden.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jefray Edward berharap para Kades terpilih ini harus mampu bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya, terlebih menurutnya Pemerintah Desa merupakan ujung tombak pembangunan negara di segala bidang baik itu ekonomi, stabilitas keamanan dan lainnya.

“Selamat kepada para Kades yang dilantik pada hari ini, saya yakin mereka ini orang-orang pilihan yang dipilih oleh masyarakat secara demokrasi,” ucap Jefray.

Jefray juga menambahkan bahwa sesuai dengan fakta integritasnya para Kades tersebut juga harus menjaga diri supaya bersih dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa, harus mampu mengawasi dan melaksanan pembangunan di tingkat desa dengan baik dan harus mendukung program-program pemerintah yang telah di tetapkan melalui APBD. (*/Sg)

Comment