Deklarasi Pemilu Damai 2019, Polres Sekadau: Siap Sukseskan Pileg dan Pilpres 2019 yang Aman dan Kondusif

Deklarasi Pemilu Damai 2019
Deklarasi Pemilu Damai 2019 di Sekadau yang diinisiasi oleh Polres Sekadau (Foto: Polres Sekadau)

KalbarOnline, Sekadau – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaksanakan deklarasi pemilu damai 2019 serentak di seluruh Indonesia, Minggu (16/9/2018). Tak terkecuali jajaran Polres Sekadau turut menggelar deklarasi pemilu damai 2019 yang dipusatkan di Ballroom Hotel Vinca Borneo, pagi tadi.

Deklarasi Pemilu Damai 2019
Foto bersama usai Deklarasi Pemilu Damai 2019 di Sekadau yang diinisiasi oleh Polres Sekadau (Foto: Polres Sekadau)

Deklarasi pemilu damai ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan mendukung pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Deklarasi diawali dengan pengucapan deklarasi yang berisikan komitmen bersama serta penandatanganan deklarasi Pemilu dan Pilpres oleh sejumlah elemen seperti, Polri, TNI, Pemerintah Daerah, KPU dan Bawaslu, pimpinan partai serta unsur Forkopimda Sekadau guna menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai, sejuk dan kondusif.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Sekadau yang diwakili Wakapolres Sekadau, Kompol Umbu Sairo, S.IK, Ketua Bawaslu Sekadau, Nursholeh, S.H.i, Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban, S.Pd, Danramil Sekadau Hilir, Kapten Chaniago, segenap pimpinan partai, tokoh masyarakat dan sekitar para tamu undangan lainnya.

Wakapolres Sekadau, Kompol Umbu Sairo mengatakan dengan pelaksanaan deklarasi ini, diharapkan pemilu nanti lebih aman, damai, sejuk dan kondusif sehingga dapat melahirkan demokrasi yang lebih bagus dan lebih baik untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Deklarasi damai yang dilaksanakan Polri hari ini serentak di Indonesia. Hal ini dimaknai untuk menyatakan sikap bahwa Kepolisian dan TNI siap melaksanakan penyelenggaraan Pemilu legislatif dan Pilpres 2019 dengan aman, damai, sejuk dan kondusif,” kata Kompol Umbu Sairo, Minggu.

Kompol Umbu berharap, situasi keamanan Kabupaten Sekadau dapat dijaga bersama.

“Terkhusus kepada calon legislatif agar taat dan patuh pada aturan hukum sehingga tidak ada permasalahan-permasalahan yang berakibat hukum kedepan nanti,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwas Polri bersifat netral dalam pemilu.

“Tugas Polri jelas yakni berkaitan dengan sistem penegakan hokum dan bekerja sesuai dengan Undang-undang untuk mendukung setiap tahapan pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” tegas dia.

“Tentu kami berharap warga dan tokoh masyarakat Sekadau dapat mendukung Polri dalam pengamanan tahapan Pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan aman dan damai,” sambungnya.

Deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan spanduk dan lembaran deklarasi yang berisi komitmen bersama untuk menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai, sejuk dan kondusif oleh peserta deklarasi dan pimpinan partai dan dilanjutkan dengan pawai keliling pasar Sekadau dengan membentangkan spanduk deklarasi. (Mus)

Tinggalkan Komentar