Sukseskan Program Kependudukan, Koramil 1203-07/Marau Gelar Baksos TNI Manunggal Kb-Kesehatan

KalbarOnline, Ketapang – Tingginya rasio pertumbuhan penduduk nasional mendorong pemerintah untuk berupaya menekan lajunya pertumbuhan tersebut ke ambang ideal melalui berbagai program.

Salah satu program andalan yang sedang digalakkan saat ini yakni pelaksanaan kerjasama revitalisasi program KB nasional antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Melalui kerjasama ini diharapkan capaian program-program kependudukan dapat berjalan efektif dan efesien hingga ke pelosok terpencil karena TNI merupakan mitra kerja bagi BKKBN yang sangat potensial di lini lapangan dalam mempercepat keberhasilan program-program kependudukan.

Sejalan dengan program pemerintah tersebut Komandan Kodim Ketapang, Letkol Kavaleri Jami’an melalui Pasiter Letnan Satu Infantri Budi Santoso dalam sambutannya mengatakan bahwasanya program pelayanan TNI manunggal KB-Kesehatan 1203-07/Marau yang dilaksanakan di Kecamatan Air Upas pada Rabu (11/9/2018) dalam rangka mewujudkan kualitas kesehatan masyarakat dan terciptanya kondisi demografi yang maksimal.

“Program ini merupakan program pemerintah yang bersinergi dengan TNI dengan instansi terkait dalam upaya menciptakan kondisi demografi yang maksimal dalam menunjang kesehatan terutama angka kematian ibu melahirkan dapat dikurangi,” tukas Budi Santoso.

Ikut serta dalam pelayanan TNI Manunggal tersebut Danramil Kecamatan Marau, Kapten Suparno menyatakan bahwa masyarakat sangat antusias dengan adanya layanan tersebut.

“Terbukti banyaknya ibu-ibu yang memanfaatkan layanan ini dengan memasang alat kontrasepsi secara gratis, harapan kami melalui pelayanan ini masyarakat memahami dengan baik bahwa dengan mengikuti program KB dapat tercipta keluarga sehat menuju sejahtera dengan cukup dua anak saja,” ungkapnya.

“Sejauh ini belum ada kendala yang signifikan yang tentunya semua rangkaian kegiatan bisa berjalan lancar. Tidak lepas dari koordinasi yang baik dengan instansi terkait serta tokoh-tokoh masyarakat,” tambahnya.

Sementara Kapolsek Marau Iptu Sabariman melalui Bhabinkamtibmas Air Upas, Brigadir Afriandi yang turut dalam pelayanan menghimbau agar ibu-ibu mengikuti program KB dengan baik, menimalisir pernikahan di bawah umur dan suami siaga (siap antar jaga). (Jansen)

Tinggalkan Komentar