Tahun Baru Islam, Edi Ajak Umat Islam Siap Berubah Menjadi Lebih Baik

20 ribu peserta Pawai Akbar di Pontianak sambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah

KalbarOnline, Pontianak – Sekitar 20 ribuan peserta Pawai Akbar menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah tumpah ruas di ruas Jalan Rahadi Usman depan Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (11/9/2018).

Pawai akbar yang diikuti ini terdiri dari pawai kendaraan hias, pawai jalan kaki dan drumband. Berbagai hiasan dan ornamen Islami yang ditampilkan masing-masing peserta untuk memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah.

Peserta pawai dilepas secara bertahap oleh Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Diawali pawai kendaraan hias, kemudian disusul peserta pawai jalan kaki. Edi mengajak seluruh umat Islam untuk menjadi generasi dan jiwa-jiwa baru yang lebih baik.

“Saya mengajak semua yang hadir untuk bisa memaknai kehidupan ini karena waktu tidak mungkin bisa diulang. Tidak mungkin yang lalu bisa kita ulang kembali, selain menjadi bahan kita untuk introspeksi diri kita ke depan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya lagi, Pontianak tengah giat-giatnya melakukan pembangunan dari segala bidang. Untuk itu, ia mengajak semua pihak bersama-sama membangun Kota Pontianak dengan berkolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen.

Baca Juga :  Tape Ketan Mas Puskesmas Pal 3 Tingkatkan Cakupan Yankes Pasien Hipertensi dan Diabetes Melitus

“Saya mengajak tahun baru Islam 1440 Hijriah ini menjadi momentum kita untuk selalu berubah melakukan hal-hal yang baik, baik itu untuk kemajuan diri sendiri, masyarakat, negara dan bangsa,” ajaknya.

Edi juga berpesan kepada seluruh umat muslim Kota Pontianak untuk menunjukkan identitas sebagai umat muslim yang toleransi, menjaga Ukhuwah Islamiyah dan bisa membawa Pontianak menjadi kota yang benar-benar nyaman, tentram dan damai sebagai tempat tinggal.

Peserta pawai diminta menunjukkan bahwa umat Islam di Kota Pontianak siap untuk melakukan perubahan yang lebih baik melalui pesan-pesan yang disampaikan di spanduk-spanduk yang dibawa peserta.

“Misalnya melakukan hal kecil seperti memungut sampah yang ditemui di jalan ketika pawai jalan kaki kemudian membuangnya ke tempat sampah,” ucap Edi.

Menjelang tahun politik 2019 mendatang, seluruh rakyat Indonesia akan menghadapi pemilihan anggota legislatif, anggota DPD dan pemilihan presiden (pilpres). Karenanya, ia berharap proses politik ini tidak menjadikan masyarakat terpecah belah, saling caci maki dan bahkan sampai terjadi perkelahian serta tidak bertegur sapa.

“Tunjukkan bahwa kita sebagai umat muslim yang tidak terpengaruh dengan hasutan dan ujaran kebencian. Ini adalah proses politik setiap lima tahun,” tukasnya.

Baca Juga :  Pemkot Berencana Bangun Pengolahan Air Limbah

Sementara Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Raihan menjelaskan peserta pawai akbar diikuti pengurus masjid, majelis taklim, pondok pesantren, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pontianak, BUMN/BUMD, pelajar SMP/Tsanawiyah, SMA/Madrasah Aliyah.

“Maksud dan tujuan digelarnya Pawai Akbar ini selain menyebarkan syiar-syiar Islam, juga diharapkan melalui momentum ini dapat lebih membudayakan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pengamalan terhadap ajaran agama Islam untuk meningkatkan kualitas umat,” jelasnya.

Kegiatan pawai akbar ini terdiri dari pawai kendaraan hias dan jalan kaki dengan rute yang berbeda. Untuk pawai jalan kaki, peserta mulai start depan kantor Wali Kota-Pak Kasih-Hasanuddin-Merdeka-Jenderal Urip-Jenderal Sudirman dan Finih Jalan Rahadi Usman depan Kantor Wali Kota.

Sedangkan rute pawai kendaraan hias, start di Jalan Rahadi Usman depan Kantor Wali Kota-Pak Kasih-Kom Yos Sudarso-Martadinata-H Rais A. Rahman-Husein Hamzah-Ampera-Prof M Yamin-Sutan Syahrir-Sultan Syarif Abdurrahman-Ahmad Yani-Abdurrahman Saleh-Adisucipto-Imam Bonjol-Tanjungpura dan finish di Jalan Rahadi Usman.

Adapun peserta pemenang Pawai Akbar, terbagi menjadi empat kategori, yakni pemenang pawai kendaraan hias peserta dari OPD adalah juara pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, kedua Satpol PP Kota Pontianak dan juara ketiga Kecamatan Pontianak Kota.

Kemudian pemenang pawai kendaraan hias peserta dari umum, juara pertama diraih Masjid Al Karim, kedua Majelis Taklim Annisa dan ketiga Madrasah Swasta Mujahidin Pontianak.

Sedangkan pemenang pawai pejalan kaki, juara pertama diraih MAN 2 Pontianak, kedua SMAN 1 Pontianak dan ketiga diraih MAN 3 Pontianak. (jim)

Comment