Kodim 1203/Ktp Galakkan Patroli dan Sosialisasi Karhutla

KalbarOnline, Ketapang – Kodim 1203/Ktp tengah menggalakkan dan meningkatkan patroli dan sosialisasi karhutla di wilayah Kabupaten Ketapang. Patroli dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang untuk tidak membuka lahan dengan membakar lahan dan hutan.

TNI bersama dengan instansi terkait dan masyarakat mendatangi tempat-tempat yang rawan terjadinya pembakaran lahan. Mereka memberikan pemahaman secara langsung tentang larangan membakar hutan dan lahan. Terlihat tim patroli membawa poster yang tertulis kan larangan untuk membakar hutan dan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat.

Baca Juga :  Kapolres Kubu Raya Pimpin Investigasi Karhutla di Kecamatan Sungai Kakap

Komandan Korem 121/Abw Brigjen TNI, Bambang Ismawan melalui Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav Jami’an mengatakan bahwa kegiatan patroli dan sosialisasi ini sangat efektif sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan ini sangat efektif mengingat di wilayah Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten yang berpotensi tinggi terjadinya kebakaran hutan dan lahan setiap tahunnya. Ditambah dengan adanya sikap masyarakat yang sangat antusias dalam mendukung kegiatan patroli dan sosialisasi ini.

Kegiatan patroli dan sosialisasi karhutla ini dilakukan di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Ketapang oleh anggota Koramil beserta dengan Polri, Manggala Agni dan masyarakat setempat yang dilakukan setiap hari.

Baca Juga :  Sering Banjir, Dinas PUTR : Drainase Perkotaan Ketapang Harus Terintegrasi

Letkol Kav Jami’an optimis bahwa tingkat kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Ketapang akan berkurang di tahun depan hal ini karena di setiap desa sudah terbentuk masyarakat peduli api (MPA) termasuk perusahaan perkebunan saat ini sudah diwajibkan membentuk peleton siaga api dengan perlengkapan pemadam kebakaran yang standar.

“Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat semakin meningkat untuk tidak membakar lahan dan termasuk kesiapan untuk menghadapi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan menjadi lebih baik dari sebelumnya,” imbuhnya. (*/Adi LC)

Comment